Dientry oleh Dyah Puspasari - 05 July, 2019 - 495 klik
Festival Tropical Forestry and Environment Research

BLI (Bogor, Juli 2019)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI)  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Biro Humas, akan menggelar Media Dialog dalam bentuk Festival Tropical Forestry and Environment Research, di Pusat Litbang Kualitas Laboratorium dan Lingkungan (P3KLL), kawasan Puspiptek, Serpong, pada Selasa, 13 Agustus 2019 mendatang.

Penyelenggaraan media dialog ini merupakan upaya strategis untuk memperluas dampak atas peran media masa dan jurnalistik baik cetak, televisi, dan on-line, yang selama ini telah mampu menjadi kekuatan kunci penyebaran iptek dan inovasi yang dihasilkan. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi rangkaian 4 agenda baru litbang dan inovasi terkait kontestasi sains LHK dan pengarusutamaan hasil-hasilnya.

Mengusung tema Powering Knowledge and Science for Forest, Environment, and People, kegiatan ini menggambarkan besarnya peran penelitian dan pengembangan yang positif, sehingga perlu aksi proaktif untuk mengintegrasikan penelitian dan mempromosikan hasil-hasilnya secara lebih luas.

Agenda utama kegiatan adalah Keynote Speech Menteri Lingkugan Hidup dan Kehutanan (LHK) dihadapan berbagai media, tentang peran penting iptek dan inovasi LHK bagi kemajuan pembangunan Indonesia, yang dilanjutkan dengan media dialog. Menteri juga akan mencanangkan 4 (empat) paradigma baru penelitian dan pengembangan yang merupakan tata kelola baru di BLI, sekaligus peluncuran Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) dan SILAPONG (Sistem Informasi Laboratorium Serpong).

Media dialog akan melibatkan partisipasi aktif berbagai media cetak dan elektronik internasional, nasional dan lokal. Sementara kegiatan seminar dan ekshibisi akan menghadirkan berbagai iptek dan inovasi dari BLI-KLHK serta puluhan partner riset terkait lingkungan hidup dan kehutanan, ditingkat nasional dan internasional. Materi yang akan ditampilkan antara lain kualitas lingkungan, Ngopi (ngobrol pintar), pengolahan hasil hutan, International Tropical Peatlands Center-ITPC, REDD+ FCPF, paludiculture, mercury dan perbenihan tanaman hutan (concept note terlampir). (agenda detil)

Total peserta yang hadir diperkirakan mencapai 700 orang, termasuk kehadiran para pengambil kebijakan, industri, akademisi, dan para generasi muda dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi.

BLI mengundang para pihak untuk hadir dalam kegiatan ini, baik sebagai peserta maupun berpartisipasi aktif dalam side event dan ekshibisi. Registrasi dan informasi lebih lanjut klik tautan berikut http://bit.ly/RegistrasiFestivalSainsBLI atau http://bit.ly/RegistrationScienceFestivalBLI (english version)

Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Muhammad Sahri melalui email inovasi.bli@gmail.com