Konferensi Pers Kelahiran Anoa (Buballus sp.) di ABC BP2LHK Manado

Posted By Rizda 09 February 2017 - 05:39 am

BP2LHK Manado (Manado, 08/02/2017)_Penantian panjang kelahiran Anoa di Anoa Breeding Centre (ABC) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado akhirnya membuahkan hasil. Selasa (07/02), Denok, salah satu anoa di ABC melahirkan bayi anoa dengan berat 5,2 kg serta panjang 49 cm secara normal dibantu tim dan dokter Hewan ABC. Peristiwa langka ini tentu saja sangat membanggakan sekaligus mengembirakan mengingat anoa adalah salah satu spesis endemik Sulawesi yang terancam punah.

Dalam keterangan pers di BP2LHK Manado (08/02) yang dihadiri awak media cetak dan elektronik di Sulawesi Utara, mitra kerjasama ABC BP2LHK Manado seperti BKSDA Sulawesi utara, Perwakilan dari PT. Cargil serta beberapa pemerhati konservasi, Humas ABC BP2LHK Manado, Margaretta Christita, S.Hut mengatakan proses kelahiran anoa kali ini memang dipersiapkan secara matang oleh tim ABC agar kejadian masa lalu yaitu kematian bayi anoa tidak terulang lagi.

“Belajar dari kejadian kemarin, kami tidak ingin terulang lagi makanya sebelumnya kami sudah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk penanganan kelahiran Anoa jadi segala kemungkinan yang terjadi pada proses kelahiran bisa kami cover dengan prosedur yang benar,” kata Christita.

Lebih lanjut tim dokter hewan ABC BP2LHK Manado, drh. Adven TAJ Simamora menjelaskan tanda-tanda anoa akan melahirkan sudah terlihat pada pukul 11.00 WITA.

“Denok sudah terlihat menyendiri sekitar pukul 11.00 dan dari pengamatan kami melalui CCTV, proses kontraksi terjadi pada pukul 14.00 awalnya kami hanya memantau dan membiarkan secara alami proses persalinan tersebut apalagi pada pukul 15.50 kaki bayi Anoa sudah terlihat keluar tapi setelah beberapa lama ternyata tak kunjung melahirkan, sehingga sesuai SOP tim memutuskan untuk mengambil tindakan,” kata drh. Adven.

drh. Adven yang pada saat itu dibantu oleh Drh. Stefani Sembiring dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki juga menjelaskan bahwa apa yang terjadi pada saat itu adalah kondisi bayi Anoa dalam posisi Distoksia atau dalam istilah manusia sungsang. Hal ini menyebabkan induk Anoa Denok kesulitan untuk melahirkan.

“Kami mulai melakukan tindakan penanganan dengan melakukan reposisi dan penarikan bayi Anoa yang sungsang tersebut pada pukul 17.16 dan empat menit kemudian, pukul 17.20 Wita bayi Anoa lahir. Penanganan yang kami lakukan ini tentunya sesuai dengan SOP agar induk Anoa tidak stres. Selain itu, kami tegaskan tidak ada perlakuan kasar, karena ini juga bisa membuat bayi maupun induk Anoa menjadi tidak nyaman," jelas drh. Adven.

Pengalaman yang dipetik oleh BP2LHK Manado dan tim atas 2 kali kelahiran sebelumnya adalah perlunya dokter hewan yang standby di kandang untuk memeriksa kesehatan dan penanganan kelahiran (difasilitasi penyediaan dokter hewan oleh PT. Cargill April 2016 - Maret 2017); anoa yang hamil perlu dipindahkan ke kandang yang luas agar menyerupai habitat aslinya dan anoa bisa banyak bergerak (difasilitasi kandang baru oleh PT. Cargill Indonesia); dan SOP sangat penting dalam penanganan kelahiran anoa. 

Kelahiran bayi Anoa berjenis kelamin laki-laki ini begitu disambut sukacita dari segenap tim ABC. Hal ini begitu tampak dalam pemutaran video proses kelahiran, dimana usai bayi anoa dibersihkan dari sisa persalinan, seluruh anggota tim ABC dan karyawan BP2LHK Manado yang memantau prosesi lewat CCTV tampak begitu bahagia.

Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si yang juga memantau detik demi detik prosesi kelahiran ini menjelaskan kebahagiaan tim ini karena ini merupakan kelahiran alami anoa pertama yang benar-benar sukses, dimana bayi anoa lahir dengan selamat dan sehat hingga saat ini.***MF

 

Artikel terkait : 

Konferensi Pers Kelahiran Anoa (Buballus sp.) di ABC BP2LHK Manado

ABC Manado in action 2017

Berita FORDA_Aliansi Tompotika Berburu Ilmu Konservasi Anoa Ke ABC

Berita FORDA_BP2LHK Manado Dikling ke Anak Anak Balita

Berita FORDA_Delegasi ACIAR Kagumi ABC dan Arboretum yang dibangun BP2LHK Manado

Berita FORDA_Sinergi Berbagai Pihak Dalam Pengembangan Anoa Breading Center BP2LHK

Berita FORDA_Pendidikan Konservasi Anoa di SD GMIM Kima Atas dan SD Inpres Mapanget Barat, Manado

Berita FORDA_Kekuatan Jejaring Pemuda dan Sosial Media Dalam Mendukung Konservasi

Volunteer Activities: “A Story of Conservation Experience and Shortcut to improve your English Skill”

Kegiatan Volunteering Mewarnai Geliat Konservasi Anoa

Berita FORDA_Keberadaan Dokter Hewan, Untuk Memenuhi Kebutuhan Perawatan & Pemeliharaan Anoa

Berita FORDA_Gubernur Dukung Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Berita FORDA_Konservasi Anoa, Menyentuh Hati Biologist Rusia

Berita FORDA_BP2LHK Manado Gandeng Mitra dalam Upaya Konservasi Anoa

Anoa Breeding Centre Gagasan Konservasi Anoa

 

Materi terkait :

Press release kelahiran anoa ke media cetak dan elektronik

------------------------------------------------------------------------------------ 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

http://manado.litbang.menlhk.go.id

http://balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Write a comment

Komentar