27 Januari 2015 - 1853 klik
Burung dan Kelelawar di Lahan Bekas Tambang Batubara

Upaya reklamasi lahan bekas tambang batubara adalah pekerjaan yang tidak mudah. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilannya. beberapa faktor tersebut diantaranya adalah faktor kesuburan tanah, jenis tanaman, teknik penanaman, pemeliharaan, dan keseriusan dalam pelaksanaannya.

Pengembalian kondisi hutan di lahan bekas tambang batubara idealnya dapat berlangsung melalui suksesi alami. Keberhasilannya ditunjukan dengan hijaunya areal yang semula gersang oleh berbagai jenis tumbuhan. Hal tersebut tidak terlepas dari peranan satwa liar. Keberadaan satwa liar dan tumbuhan mempunyai hubungan timbal balik yang erat satu dengan lainnya. Tumbuhan dapat menyediakan habitat dan sumber pakan bagi satwa liar. Disi lain satwa liar juga berperan mempercepat gerjadinya suksesi melalui menyebarkan biji-bijian dan membantu dalam penyerbukan tanaman.

Buku ini berisi tentang konsep bersinergi dengan alam dalam mereklamasi lahan bekas tambang batubara dengan memanfaatkan kekuatan alam melalui satwa lir burung dan kelelawar. Buku ini juga dilengkapi foto-foto dan deskripsi jenis yang praktis dengan penataan yang artistik sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para praktisi di lapangan.

 

Unduh:

1. Kata Pengantar

2. Bab I-Konsep Bersinergi dengan Alam

3. Bab II-Jenis Burung dan Kelelawar di Lahan Bekas Tambang Batubara

4. Bab III-Deskripsi Burung

5. Bab IV-Deskripsi Kelelawar

6. Bab VI-Penutup

 

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

 

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

 

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

 

Penulis : BPTKSDA Samboja

Download : sampul_burung_dan_kelelawar.jpg