Dientry oleh Risda Hutagalung - 12 August, 2019 - 169 klik
Dukung Model Miniatur Hutan Tropis di Banjarbaru, Puslitbang Hutan Adakan Alih Teknologi Sistem KOFFCO

Puslitbang Hutan (Bogor, Agustus 2019) _Dalam rangka mendukung pembangunan Model Miniatur Hutan Tropis (M2HT) di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Puslitbang Hutan (P3H) mengadakan Alih Teknologi Sistem KOFFCO. Alih Teknologi bagi empat peserta dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan ini diselenggarakan pada tanggal 25 sampai 27 Juli 2019 di Kampus Litbang Gunung Batu, Bogor.

Dalam arahannya, Kepala Puslitbang Hutan, Dr. Kirsfianti L. Ginoga menyampaikan bahwa kegiatan alih tekonologi ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan lapang ke M2HT beberapa waktu lalu. Melalui alih teknologi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengelola M2HT dalam membangun dan mengelola persemaian menggunakan teknologi system KOFFCO.

“Ke depan, para peserta alih teknologi dapat mengenalkan system KOFFCO sebagai teknologi penyedia bibit yang handal dan dapat menjadi pelatih bagi masyarakat di wilayah kerja masing-masing,” harap Kirsfianti.

Sebagai informasi, alih teknologi KOFFCO terus dilakukan Puslitbang Hutan untuk membantu setiap unit manajemen kawasan hutan memperoleh bibit yang berkualitas, dalam jumlah banyak, ekonomis, yang dapat dikerjakan oleh teknisi yang dilatih. Sebagai contoh keberhasilan system KOFFCO dapat dilihat di Hutan Penelitian Gunung Dahu.

Setelah mendapat arahan dari Kepala Puslitbang Hutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan praktik System KOFFCO oleh Dr. Henti H. Rachmat bersama tim peneliti Puslitbang Hutan.***