Dientry oleh Risda Hutagalung - 19 July, 2019 - 148 klik
Himpenindo DIY Bahas Workshop dan Pameran Bersama

Babes Litbang BPTH (Yogyakarta, Juli 2019)_Bertempat di Ruang Rapat Babes Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Babes Litbang BPTH) Yogyakarta, Senin (15/7/2019), Pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) D. I. Yogyakarta bertemu untuk membahas workshop sinkronisasi kegiatan dan pameran bersama yang akan dilaksanakan pada 21 - 22 Agustus 2019 mendatang.

“Kita akan terus gencar melakukan pengembangan dan promosi hasil-hasil litbangke masyarakat atau user yang lebih luas agar hasil litbang dapat memiliki manfaat lebih besar, dan kita pun berharap dengan adanya Himpenindo DIY tersebut kita semua dapat saling mengembangkan jejaring dan bekerjasama,” kata Dr. Nur Sumedi, S.Pi, MP, Kepala Babes Litbang BPTH dalam sambutannya.

Sebelumnya, Nur menyampaikan, B2P2BPTH memiliki hasil-hasil penelitian unggul dan telah dinikmati oleh para pengguna baik petani, kantor Pemerintah, LSM maupun swasta kehutanan khususnya untuk benih-benih tanaman hutan potensial hasil program pemuliaan, aplikasi bioteknologi dan konservasi sumber daya genetik, “Seperti benih Kayu putih, Jati, Nyampung, Cendana dan lain-lain,” kata Nur yang sangat senang dapat memfasilitasi pertemuan penting ini.

Seiring dengan semangat tersebut, Prof. Gunawan, Ketua Himpenindo DIY dalam arahannya kepada para pengurus juga menyampaikan bahwa rapat ini adalah dalam rangka mematangkan rencana Workshop Sinkronisasi Kegiatan dan Pameran Hasil Penelitian dan Pengembangan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Workshop ini akan dilaksanakan di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.

“Ini adalah momentum yang baik untuk Litbang-Litbang di lingkup DIY mempromosikan hasil-hasil penelitiannya, berbagi informasi program kerja dan membangun sinergi melalui berbagai skema kerjasama yang memungkinkan, dimana nanti akan ada pemaparan dari 8 satker tentang judul-judul kegiatan tahun 2020, sehingga akan diperoleh hal-hal penting yang bisa dikerjasamakan,” kata Prof. Gunawan.

Prof. Gunawan mengatakan, workshop ini dirancang untuk memperkenalkan program kerja, sarana pendukung, hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan dari beberapa satker Litbang yang ada di DIY. Dengan itu diharapkan dapat mensinkronkan kegiatan penelitian antar satker, mendiseminasikan hasil litbang, serta mendapatkan umpan balik untuk peningkatan peran litbang ke depan dan terciptanya sinergitas dan kolaborasi riset antar satker terkait di DIY.

Yayan Hadiyan, S.Hut. M.Sc peneliti Balai Besar Litbang BPTH selaku Koordinator Bidang Kemitraan dan Kerjasama mengatakan bahwa hasil dari workshop tersebut diharapkan dapat secara komprehensif memetakan potensi dan program penelitian serta isu-isu strategis yang perlu ditangani bersama sehingga pada akhirnya dapat disusun draft-draft proposal penelitian, pengkajian dan pengembangan antar satker litbang di Yogyakarta.

Pertemuan ini juga membahas teknis pelaksanaan kegiatan yang akan bertempat di Gedung Taman Teknologi Pertanian (TTP) Nglanggeran, baik menyangkut jumlah peserta yang akan diundang, sumber pendanaan, susunan acara sampai dengan penanggung jawab kegiatan setiap sesi kegiatan.

Rapat Pengurus Himpenindo ini dihadiri 21 peneliti wakil dari berbagai instansi se-Yogyakarta, antara lain dari BPTBA LIPI, Badan Tenaga Atom Nasional, BAPPEDA, B2P3KS, Loka Riset Mekanisasi Pengelolaan Hasil Perikanan, Balai Pelestarian Budaya dan lain-lain.***YH & EDL

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email : breeding@biotifor.or.id
Website : www.biotifor.or.id
Instagram : www.instagram.com/biotifor_jogja
Facebook : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294
E-Journal : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index