Dientry oleh Risda Hutagalung - 08 July, 2019 - 94 klik
Tutup Rangkaian HPSN 2019, KLHK Umumkan Juara Lomba Foto dan Vlog Pengelolaan Sampah

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat, 5 Juli 2019.
Rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang diperingati setiap tanggal 21 Februari telah ditutup dengan pengumuman pemenang kompetisi foto dan vlog (5/7). Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati menilai HPSN merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah berkelanjutan menuju Indonesia Bersih 2025.
 
Vivien menyampaikan, “Pemerintah melalui KLHK telah mengadakan berbagai kegiatan memperingati HPSN 2019 diantaranya dengan menerbitkan Surat Edaran, aksi bersih sampah (clean up), peluncuran film animasi Pulau Akko, kampanye Mudik Asik Tanpa Sampah Plastik, termasuk lomba foto dan vlog yang melibatkan generasi milenial. Semua itu kita tempuh agar masyarakat semakin sadar akan bahaya sampah terhadap lingkungan dan kesehatan manusia jika tidak kita menanganinya dengan baik dan secara bersama-sama.”
 
Berdasarkan data KLHK, sebanyak 0,7 kg sampah dihasilkan oleh setiap orang setiap harinya. Hal itu setara dengan 66,5 juta ton sampah dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya. Namun demikian, kapasitas tempat pengelolaan akhir (TPA) sampah terhitung masih terbatas, dimana masih banyak daerah yang belum menerapkan sanitary landfill. Oleh karena itu, partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mengurangi jumlah timbulan sampah menjadi langkah yang perlu dikedepankan saat ini.
 
“Generasi milenial menjadi salah satu kader lingkungan yang menjadi tumpuan pemerintah. Melalui lomba foto dan vlog ini, kita dapat melihat kreativitas anak muda dalam menyampaikan isu lingkungan dan menyebarkan rasa kepedulian di masyarakat umum,” ujar Vivien.
 
Sebanyak 138 peserta mengikuti lomba foto dan 101 peserta lomba vlog peringatan HPSN 2019. Dari jumlah tersebut terpilih 3 juara lomba foto yaitu Hendra Agus Setyan sebagai juara 1, Rosyan Sofyaman juara 2, dan Muhammad Ayudha juara 3. Untuk pemenang lomba vlog terpilih Andhika Bagas Dirgantoro sebagai juara 1, Mikail Kaysan Leksmana juara 2, dan Revin Andinata juara 3.
 
Terhadap para juara, Vivien mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas keikutsertaan kaum muda dalam membuat kampanye peduli sampah bagi masyarakat. Vivien menyadari bahwa penanganan sampah tidak bisa hanya mengandalkan upaya pemerintah saja, namun lebih penting adalah keterlibatan aktif masyarakat. “Untuk itu, karya foto dan video ini harus disebarluaskan sehingga masyarakat memahami dan mendukung pemerintah dalam pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir,” pesan Vivien.
 
Untuk dapat melihat hasil lomba foto dan vlog HPSN 2019, masyarakat dapat mengakses website http://bersihnegeri.id maupun akun YouTube Direktorat Pengelolaan Sampah KLHK.
 
Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Djati Witjaksono Hadi – 081977933330