Dientry oleh Risda Hutagalung - 10 April, 2019 - 352 klik
BP2TA dan Perum Perhutani KPH Ciamis Komit Kembangkan HP Cigerendeng Jadi Tempat Wisata Ilmiah

BP2TA (Ciamis, April 2019)_Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BP2TA) dan Perum Perhutani KPH Ciamis berkomitmen untuk mengembangkan potensi Hutan Penelitian (HP) Cigerendeng, salah satu sarana penelitian yang dikelola BP2TA.

Sebagai informasi, HP Cigerendeng yang berada di lokasi strategis di Jalan Raya Ciamis - Banjar tepatnya di Desa Cisaga, Kabupaten Ciamis ini sangat potensial dikembangkan sebagai show window kegiatan penelitian, sumber benih tersertifikasi, dan tempat wisata ilmiah.

HP Cigerendeng adalah kawasan hutan seluas 7,65 ha yang dibangun pada tahun 1938 semasa pemerintahan Belanda dengan koleksi pohon berupa beberapa jenis Dipterocarpaceae, Swietenia Sp, dan jenis lainnya serta beberapa tanaman bawah berupa paku-pakuan dan rotan. Kawasan hutan tersebut dipangku oleh Perum Perhutani dengan pengelolaan diserahkan kepada Loka Penelitian dan Pengembangan Hutan Monsoon (LP2HM) pada tahun 2004 yang saat ini menjadi BP2TA.

Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan komitmen tersebut diantaranya kunjungan bersama Kepala BP2TA dan Administratur Perum Perhutani/Kepala KPH Ciamis ke Hutan Penelitian Cigerendeng pada November 2018 lalu yang ditindaklanjuti dengan rapat bersama, Selasa (2/4/2019) lalu.

Rapat bersama dilakukan di kantor BP2TA untuk melakukan "brain storming" pengelolaan HP Cigerendeng. Kepala BP2TA, Bagus Novianto menganggap rapat ini sangat penting dan strategis untuk membahas rencana jangka pendek dan jangka panjang terkait kelangsungan kegiatan penelitian serta peluang pengembangan wisata ilmiah yang sangat menjanjikan.

Agus Mashudi, selaku Administratur Perum Perhutani sangat mendukung agar pengembangan HP Cigerendeng segera terwujud melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang saling menguntungkan dan menjadi model "Leuweung Hejo, Rakyat Ngejo".

Rapat berisi paparan Proposal Pengelolaan Terpadu HP Cigerendeng oleh Dadang Maszaeni, Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian BP2TA. Selanjutnya dilakukan diskusi dengan para peserta rapat yang terdiri dari perwakilan Perum Perhutani KPH Ciamis, pejabat struktural, ketua kelti, peneliti, serta teknisi BP2TA untuk memperoleh masukan dan saran.

Hasil rapat bersama ini ditindaklanjuti dengan melakukan survei lapangan ke HP Cigerendeng, Jumat (5/4/2019) oleh tim teknis BP2TA dan Perum Perhutani KPH Ciamis. Survei lapangan bertujuan untuk meminta masukan implementasi pengembangan berupa penataan, penentuan zona area kegiatan penelitian, zona area wisata ilmiah, serta rencana pemanfaatan tegakan yang sudah mati disesuaikan dengan kondisi lapangan.***