Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 24 February, 2019 - 2962 klik
Indonesia dan CIFOR : Kemitraan Penelitian Hutan dan Sains untuk Masyarakat

Paradigma baru untuk penelitian dan pengembangan hutan di panggung dunia


Untuk memperingati pembaruan kegiatan penelitian kolaboratif antara Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) dan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Republik Indonesia, sebuah Nota Kesepahaman akan ditandatangani melalui upacara penandatanganan bertema “Paradigma baru untuk penelitian dan pengembangan hutan di panggung dunia”.

Nota kesepahaman lima tahun secara resmi berisi kerja sama antara BLI dan CIFOR, yang secara berkelanjutan telah dimulai pada tahun 1997. Tujuan utama dari kemitraan ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan aplikasi praktis yang dapat digunakan oleh lembaga pemerintah, praktisi, dan pengguna lainnya.

Sebagai penghargaan atas inisiatif penelitian baru lahan gambut tropis kolaboratif global, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Dr. Siti Nurbaya akan secara resmi meresmikan kantor sekretariat interim International Tropical Peatlands Center (ITPC), yang berlokasi di kantor CIFOR Bogor. Sekretariat sementara akan dikelola dan dikoordinasikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sekretariat akan meletakkan fondasi bagi ITPC, yang akan mulai beroperasi pada tahun 2019 dengan misi mempertemukan para peneliti, pemerintah, masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan konservasi dan pengelolaan lahan gambut berkelanjutan di seluruh Asia Tenggara, Kongo dan Peru .

Selain itu, akan ada diskusi interaktif selama satu jam, “Empat tahun (2015 - 2018) tantangan hutan sosial dan penguasaan lahan hutan di Indonesia,” yang akan menghadirkan pembicara ahli yang memberikan presentasi singkat, diikuti dengan tanya jawab yang dipimpin moderator.

Acara ini akan diadakan pada jam 9.00 - 12.00, 26 Februari 2019, Global Forestry Hall di Kampus CIFOR di Bogor, Indonesia.

Agenda

Dokumen:

  1. flyer
  2. concept note
  3. brosur