Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 27 December, 2018 - 1903 klik
Konservasi Flora dan Fauna Endemik Wallacea Menarik Perhatian Dalam dan Luar Negeri

BP2LHK MANADO (Manado, Desember 2018) Keberhasilan Anoa Breeding Centre (ABC) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado dalam melestarikan  salah satu satwa endemik Sulawesi yaitu Anoa (Buballus sp) semakin menarik kepedulian tidak hanya untuk pemerhati dunia konservasi nasional tetapi juga internasional.  Adalah Dr. Benn Bryant seorang pemerhati satwa liar yang memiliki pengalaman sebagai volunteer di SRS (Suaka Rhino Sanctuary) dan konservasi orang utan di Kalimantan berkunjung bersama rombongan ke ABC BP2LHK Manado pada Rabu, 19/12.

 Benn yang juga seorang dokter hewan senior di Taronga Zoo Australia mengatakan sangat tertarik dengan satwa-satwa hoofstock (jenis ruminan dan kuda) dan sangat mengapresiasi keberhasilan ABC BP2LHK Manado (sebagai lembaga pemerintah) dalam upaya pengembangbiakkan dan pelestarian anoa. “Keberhasilan ABC dalam melahirkan anoa secara alami adalah sesuatu yang luar biasa mengingat anoa adalah satwa liar”, kata Benn.

Benn juga mengatakan apabila ada rencana ke pelepasliaran kedepan, habitat yang aman di alam liar perlu dipertimbangkan serta edukasi konservasi juga perlu dilakukan ke masyarakat terutama anak-anak.

Selain tertarik dengan anoa di ABC BP2LHK Manado, Benn juga mengajak diskusi mengenai flora endemik wallacea yaitu tumbuhan eboni, Benn menanyakan kepada Peneliti BP2LHK Manado mengapa eboni begitu spesial dan langka. Julianus Kinho, Peneliti BP2LHK Manado menjelaskan bahwa disamping awet eboni juga merupakan kayu yang demand-nya tinggi terutama di negara Jepang karena sebagai pertanda status sosial. “Pemanfaatan yang tidak seimbang dengan pertumbuhan eboni yang lambat membuat eboni menjadi kayu yang sangat langka dan begitu spesial”, ujar Julianus Kinho yang telah meneliti kayu eboni lebih dari 10 (sepuluh) tahun.

Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si berterima kasih atas apresiasi Dr. Benn serta berharap informasi mengenai ABC ini dapat disebarluaskan ke koleganya sehingga ABC BP2LHK Manado dapat dikenal dan terus berkembang.

Sehari berselang, Manajemen PT Cargill Indonesia – Amurang, Marten Sorongan dan Yulius Sulupadang melakukan tinjauan langsung perkembangan pembangunan Klinik Hewan di ABC BP2LHK Manado. Klinik Hewan yang berlokasi di sebelah kantor ABC BP2LHK Manado diharapkan dapat bermanfaat untuk memudahkan penanganan terhadap anoa yang ada. Nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas seperti laboratorium klinik, ruang bedah, ruang solasi, ruang obat serta fasilitas pendukung lainnya.

Pada tinjauan pembangunan klinik, Marten dan Yulius selaku Project Enginer menyampaikan bahwa pihaknya sangat puas dengan perkembangan pembangunan klinik hewan yang sudah mencapai 95% dan tinggal finishing. ”Kami berharap klinik hewan ini bisa segera digunakan sehingga komitmen nyata PT Cargill dalam mendukung konservasi anoa bisa terlihat,” ujar Yulius.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama BP2LHK Manado, Rinto Hidayat, S.Hut yang mendampingi peninjauan bersama Manager ABC BP2LHK Manado, Rahma Suryaningsih, S.Hut menjelaskan bahwa setelah sebelumnya memberi bantuan hibah kandang Anoa dan fasilitasnya (2015-2017) dan jasa Dokter Hewan (April 2016 - Maret 2018) dan pada tahun 2018 ini PT Cargill Indonesia - Amurang tetap memberikan komitmennya untuk mendukung konsevasi anoa melalui pembangunan Klinik Hewan untuk mendukung kegiatan ABC BP2LHK Manado dan diharapkan pada awal tahun depan sudah bisa beroperasi.***(Diah Irawati Dwi Arini).

 

Dokumentasi               : Muhammad Farid & Nur Asmadi

 

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

bp2lhkmanado

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

bp2lhkmanado@gmail.com

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS