12 Maret 2021 - 255 klik
Capaian Ekologi, Sosial & Ekonomi Pemulihan Ekonomi Nasional-PEN LHK: Monitoring & Evaluasi

Enam langkah baru Kementerian LHK terkait Program PEN, yaitu 1) Pergeseran tenaga kerja kontraktor menjadi tenaga kerja masyarakat; 2) Pergeseran alokasi belanja anggaran negara kepada kontraktor menjadi kepada kelompok masyarakat; 3) Inisiatif baru integrasi pelaksanaan kerja antar unit kerja (integrated working & team); 4) Pendekatan baru pengendalian dan pengawasan berbasis pendampingan harian dan pembukaan konsultasi (preventing approach); 5) Sistem monitoring kerja realtime, digital, dan terintegrasi; serta 6) Pergeseran sistem pembayaran langsung dari Kementerian Keuangan kepada masyarakat pelaksana (account to account).

Pendekatan konsultasi harian tentang akuntabilitas pelaksanaan PEN LHK juga dilakukan. Pemetaan hambatan dan pengendalian risiko dilakukan secara dini guna menyiapkan antisipasi sesegera mungkin. Kehadiran angka dan data realtime digital online monitoring PEN LHK Hijau Memantau, yang secara harian dapat diakses publik untuk melihat progresnya, sangat membantu.

Pemetaan monitoring geotagging yang menampilkan spasialisasi kegiatan juga menjadi terobosan baru, yang ke depan perlu mendapat perhatian khusus untuk dilakukan dalam setiap agenda besar program. Kegiatan dipetakan di 918 tapak, detailnya dapat dilihat pada http://pen.menlhk.go.id/. Hijau Memantau juga bekerja tidak sekedar menyajikan progres data, namun juga melakukan promosi kegiatan PEN LHK serta membuka aduan publik. Survei publik melalui Hijau Memantau menyebutkan 56,73% responden menyatakan sangat puas dengan program PEN LHK, serta 35,10%nya menyatakan puas.

Penulis : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Download : Final-PEN_FE-LHK2020_ISBN2.pdf