10 Maret 2021 - 168 klik
Meretas Jalan Konflik Kehutanan

Sejarah mencatat, konflik kehutanan terjadi sudah cukup lama, tersebar di hampir semua wilayah hutan dan sebagian belum menemukan resolusinya. Itu artinya, konflik masih terus berlanjut walaupun terkadang tidak muncul ke permukaan. Konflik kehutanan menyebabkan pengelolaan hutan tidak dapat dilakukan sesuai rencana yang disusun. Banyak kerugian harus ditanggung oleh pihak yang berkonflik karena kegagalan dalam menemukan kompromi penyelesaian.

Beragam konflik yang terjadi di sektor kehutanan dengan berbagai penyebab dan aktor yang terlibat, menarik untuk dipelajari. Hal tersebut karena setiap konflik memiliki keunikan seperti keterkaitan konflik dengan sejarah penguasaan lahan, banyaknya pihak yang terlibat konflik, menonjolnya perbedaan status antara pihak yang kuat dan yang lemah, sering tidak muncul ke permukaan (laten), serta sangat sulit diselesaikan karena terjadi di tempat yang terpencil.

Buku “Meretas Jalan Konflik Kehutanan” berusaha memberikan gambaran konflik yang terjadi di sektor kehutanan di Indonesia dengan harapan dapat dijadikan pembelajaran untuk penyelesaiannya. Buku ini mencoba mendeskripsikan konflik berdasarkan aktor yang terlibat, yaitu: konflik antara pemerintah dengan masyarakat, konflik perusahaan dengan masyarakat, konflik perusahaan dengan perusahaan, konflik antara masyarakat dengan masyarakat, dan konflik antarinstitusi pemerintah.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Direktorat Penyelesaian Konflik Tenurial dan Hutan Adat beserta jajarannya yang telah memberikan input data, menerima tim untuk berkonsultasi dan memberikan masukan saat isi buku dipresentasikan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Disadari buku ini memiliki banyak kekurangan, karena itu saran dan masukan dari berbagai pihak yang membangun sangat diperlukan guna penyempurnaan di masa mendatang.

 

Bogor, Februari 2020
Kepala Pusat,

 

Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Sc.
NIP 19630216 199003 1 001

Penulis : Sulistya Ekawati, Suryo Adiwibowo, Syaiful Anwar

Download : Meretas_Jalan_Konflik_Kehutanan.pdf