24 Februari 2021 - 250 klik
Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan: untuk Memastikan Tercapainya Tujuan Perhutanan Sosial

Kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar dan di dalam hutan sudah berjalan cukup lama. Proses pemberdayaan tersebut dari waktu ke waktu menunjukkan perubahan yang lebih akuntabel, partisipatif, adil, dan berkelanjutan. Evaluasi adalah bagian penting dalam proses pemberdayaan masyarakat, tidak terkecuali pemberdayaan masyarakat di sekitar dan di dalam hutan. Evaluasi menjadi feedback untuk perbaikan program di tahun berikutnya.

Pemberdayaan adalah sebuah proses panjang menuju perubahan yang lebih baik sehingga tidak dapat dipahami sebagai proyek tunggal dengan awal dan akhir. Pemberdayaan merupakan usaha berkesinambungan untuk menempatkan masyarakat menjadi lebih proaktif dalam menentukan arah
kemajuan dalam komunitasnya sendiri. Artinya, program pemberdayaan tidak dapat hanya dilakukan dalam satu siklus dan berhenti pada suatu tahapan tertentu. Ia harus berkesinambungan dan kualitasnya terus meningkat dari satu tahapan ke tahapan berikutnya. Untuk memastikan proses pemberdayaan berjalan sesuai dengan tujuan, dilakukan evaluasi dengan ukuran yang jelas dalam bentuk kriteria dan indikator yang disusun dengan cermat dan hati-hati.

Buku ini merupakan telaah dari beberapa referensi terkait pemberdayaan masyarakat. Teori-teori pemberdayaan tersebut lantas direfleksikan ke dalam proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan selama ini. Pengalaman dalam melakukan beberapa penelitian terkait proses pemberdayaan di beberapa lokasi turut mewarnai pandangan penulis dalam memberikan pendapat yang dituangkan dalam setiap bab dalam buku ini. Buku ini berusaha memberikan pandangan bagaimana sebaiknya proses evaluasi pemberdayaan dilakukan.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya buku ini. Besar harapan kami, buku ini bermanfaat bagi para pejuang pemberdayaan masyarakat dan penggiat Perhutanan Sosial.


Bogor, Januari 2020
Kepala Pusat,

ttd

Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Sc.
NIP 19630216 199003 1 001

 

Penulis : Sulistya Ekawati

Download : Evaluasi_Pemberdayaan_Masyarakat_Sekitar_Hutan_untuk_Memastikan_Tercapainya_Tujuan_Perhutanan_Sosial.pdf