08 Februari 2021 - 414 klik
Cadangan Karbon Hutan Kalimantan Timur

Nilai faktor emisi merupakan data penting yang berkaitan dengan penghitungan besarnya emisi karbon yang terjadi akibat terjadinya perubahan tutupan lahan. Data faktor emisi dapat diperoleh dari berbagai sumber, yaitu dari nilai acuan internasional yang tersedia dalam IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) Guidelines tahun 2006, data hasil-hasil penelitian, maupun hasil inventarisasi langsung di lapangan.

Melalui kegiatan dukungan pendanaan dari World Bank dengan kegiatan FCPF (Forest Carbon Partnership Facility) Readiness Grant, telah dibangun Plot Sampel Permanen (PSP) sebanyak 577 plot sejak tahun 2016 hingga 2019, yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur mewakili berbagai tipe tutupan lahan, meliputi tutupan hutan lahan kering, hutan mangrove, hutan rawa gambut, semak belukar dan belukar rawa. Data hasil inventarisasi dari PSP tersebut kemudian digunakan untuk melakukan penghitungan cadangan karbon hutan di Provinsi Kalimantan Timur.

Buku “Cadangan Karbon Hutan Kalimantan Timur” ini memberikan informasi nilai cadangan karbon secara detail, yang diperoleh dengan menggunakan faktor emisi yang dihitung pada berbagai tipe tutupan lahan di Provinsi Kalimantan Timur.

Diucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Forest Carbon Partnership Facility (FCPF), Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD), Kelompok Kerja Monitoring, Reporting and Verification Dewan Daerah Perubahan Iklim (Pokja MRV DDPI) Provinsi Kalimantan timur, dan semua pihak yang telah bekerja keras serta mencurahkan waktu, pikiran, dan tenaga dalam studi dan penyusunan buku ini.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat dalam mendukung data dan informasi faktor emisi dan cadangan karbon pada berbagai tipe tutupan lahan di Provinsi Kalimantan Timur.


Bogor, Desember 2020
Plt. Kepala P3SEKPI

ttd

Ir. Choirul Akhmad, M.E

Penulis : Dr. I Wayan Susi Dharmawan, S.Hut., M.Si.; Rahimahyuni Fatmi Noor’an, S.Si., M.Si.; Nurul Silva Lestari, S.Hut., M.Env.; Agus Wahyudi, S.Hut., M.Sc.; Agung Suprianto, S.Hut.; Yosua Naibaho, S.Hut., M.P.; Virni Budi Arifanti, S.Hut., M.Sc.,Ph.D.; Mega Lugina, S.Hut., M.For.Sc.; Donny Wicaksono, S.Hut., M.Sc.

Download : Cadangan_Karbon_di_Kalimantan_Timur_EBOOK.pdf