19 Januari 2021 - 257 klik
Majalah Swara Samboja Vol IX No 2 Tahun 2020

Salam Konservasi,

Ulin (Eusideroxylon zwageri Teijsm. & Binn) merupakan salah satu jenis flora hutan tropis asli Indonesia yang tersebar di Sumatera bagian Timur dan Selatan, Bangka Belitung dan hampir seluruh wilayah Kalimantan. Karena kekuatannya, kayu ulin selalu menjadi primadona dibandingkan dengan jenis kayu lain dalam berbagai kepentingan konstruksi di darat maupun di air. Bagaimanakah upaya konservasi Ulin di Indonesia? Tulisan mengenai Ulin yang disampaikan Mira Kumala Ningsih dkk. menjadi Tajuk Utama Majalah Swara Samboja edisi ini dalam artikel berjudul Ulin Fenomenal, Pertumbuhan dan Pemanfaatannya di Indonesia.

Selanjutnya, Bina Swasta Sitepu dkk., akan menyampaikan informasi potensi biomassa pohon pada kawasan Hutan Sekunder Bekas Terbakar di KHDTK Samboja sebagai langkah awal dalam mendukung implementasi REDD+, khususnya di Kalimantan Timur sebagai salah satu lumbung karbon di Indonesia  dalam tulisan berjudul Potensi Biomassa Tegakan Pohon pada Hutan Sekunder Bekas Terbakar di KHDTK Samboja. Naskah berikutnya masih mengulas perihal khazanah flora, khususnya tanaman hias yang mulai populer kembali semenjak pandemi Covid-19, yaitu:  Potensi Tanaman Hias di Kawasan Karst Teluk Sumbang oleh Bina Swasta Sitepu dan Priyono. Dalam artikel ini, dibahas berbagai jenis tumbuhan yang potensial sebagai tanaman hias berdasarkan hasil eksplorasi keanekaragaman hayati oleh Tim Penelitian Balitek KSDA pada kawasan karst Teluk Sumbang, Berau.

Dalam rubrik Artikel, Ardiyanto W. Nugroho menyajikan tulisan berjudul Sampah Plastik: Apa yang sudah dilakukan untuk mengatasinya? Artikel ini membahas tentang pencemaran sampah plastik di dunia dan di Indonesia, upaya-upaya pemerintah Indonesia untuk mengatasi Permasalahan Sampah Plastik, serta menilik upaya penanganan dan pengurangan sampah di kota Balikpapan melalui pendidikan lingkungan.

Sebagai tulisan penutup, Ardiyanto W. Nugroho dalam tulisan berjudul Penanganan Sampah di Sejumlah Kota dan Negara di Dunia: Apa yang Bisa Kita Pelajari? secara khusus mengulas sejumlah kota yang berhasil dalam mengelola sampah yang telah dihasilkannya dengan menerapkan beberapa peraturan dan kebijakan yang efektif. Faktor-faktor kunci keberhasilan yang dikemukakan dapat dipelajari untuk diterapkan di kota lain, khususnya di Indonesia.  

Majalah Swara Samboja pada edisi ini mengetengahkan sosok inspiratif Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur, Ir.  Sunandar Trigunajasa Nurochmadi, MM. Beliau akan berbagi pengalaman dalam melakukan upaya  konservasi sumber daya alam di Indonesia dengan sinergitas dalam bekerja sama dan berkolaborasi.

Selamat Membaca!

Penulis : Balitek KSDA

Download : https://balitek-ksda.or.id/majalah-swara-samboja-vol-ix-no-2-tahun-2020/?fbclid=IwAR37YNPxir7tKIsSQhVQUq1Pp6ojv2o55Tzj1HyzbG7N59OkNB71yu2H5KU