02 Maret 2020 - 312 klik
Majalah Swara Samboja: Wana Patra Lestari, Potongan Hutan Saksi Sejarah Kota Balikpapan Bermula

Balitek KSDA (Samboja, Januari 2020) _Kota Balikpapan memiliki saksi sejarah sebuah areal yang kini dikenal dengan Wana Patra Lestari (WPL) yaitu fragmen hutan seluas +45 Ha yang berada di antara infrastruktur kilang minyak yang saat ini dikelola oleh PT. Pertamina RU V Balikpapan. Di dalam areal WPL tersebut terdapat Sumur minyak "Mathilda", sumur minyak pertama di kota Balikpapan yang pengeborannya dilakukan tanggal 10 Februari 1897, dan hingga kinitanggal tersebut diperingati sebagai hari lahirnya kota Balikpapan.

Bertema “Wana Patra Lestari: Potongan Hutan yang Menjadi Saksi Sejarah Kota Balikpapan Bermula” yang ditulis oleh Mukhlisi, hasil kajian penelitian Tim Balitek KSDA di WPL dituangkan pada Majalah Swara Samboja edisi Vol. VIII No. 3 Th. 2020.

Selanjutnya, Burhanuddin Adman akan membagikan hasil studi keanekaragaman flora di Kawasan Wana Patra Lestari (KWPL) Gunung Sepuluh Timur dengan ditemukannya 66 jenis tumbuhan yang termasuk dalam 34 famili dalam tulisan berjudul “Kawasan Wana Patra Lestari Gunung Sepuluh Timur Pertamina RU V: Fragmen Hutan Hujan Dataran Rendah yang tersisa di tengah kota Balikpapan".

Dalam rubrik Artikel, Noorcahyati akan membagikan sebuah catatan kegiatan berjudul "Ketika Daratan Bertemu Laut". Dalam artikel ini Noorcahyati akan membahas fungsi mangrove, jenis dan karakter vegetasi penyusun mangrove, ancaman mangrove dan beraneka macam olahan mangrove.

Dari hasil inventarisasi flora tim peneliti dan teknisi litkayasa Balitek KSDA, jalur jelajah baru KHDTK Samboja sepanjang 2,6 km memiliki 211 jenis yang terdiri dari 125 marga dan 53 suku. Dari hasil tersebut, terdapat 55 jenis tumbuhan yang memiliki khasiat obat. Hasil penelusuran keragaman flora di jalur jelajah baru di KHDTK Samboja dituangkan dalam tulisan berjudul "Flora di Jalur Jelajah Baru KHDTK Penelitian Samboja" oleh Mardi Tofani Rengku dkk. Selain itu, juga telah dilakukan pemasangan label QR code yang terhubung dengan e-herbarium WAN untuk memberikan informasi yang selengkapnya terkait jenis-jenis tersebut.

Mengakhiri majalah edisi kali ini, Suryanto dkk. akan membahas isu-isu potensial apa saja untuk peningkatan peran penyelenggaraan konservasi dalam pembangunan ekonomi dalam tulisan berjudul "Isu dan Kebutuhan Riset Konservasi".

Pada edisi ini, Swara Samboja mengetengahkan sosok inspiratif yaitu Drs. H. Suryanto, MM yang saat ini menjabat kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan. Sosok yang penuh semangat, lugas dan humoris ini telah menyumbangkan berbagai prestasi penghargaan lingkungan hidup untuk kota Balikpapan seperti Adipura Kencana, Plakat Adipura, Nirwasita Tantra dll. Salam Konservasi***

Penulis : Balitek KSDA

Download : Swara_Samboja_Vol_VIII_No_3_Th_2019.pdf