13 Februari 2018 - 810 klik
Bekantan Vol.5 No. 2 Tahun 2017: “Bekerja Bersama untuk Kemajuan Kehutanan Indonesia

Pembaca yang budiman, mengakhiri tahun 2017 redaksi menyapa kembali pembaca Bekantan yang setia melalui edisi akhir tahun bertajuk “Bekerja bersama untuk Kemajuan Kehutanan Indonesia”. Terbitan Bekantan kali ini terinspirasi dari Bapak Presiden Jokowi pada tema peringatan HUT Republik Indonesia tahun 2017 yakni 72 tahun Indonesia ”Kerja Bersama”. Kemajuan kehutanan Indonesia juga akan terwujud bila pemerintah bekerja bersama semua unsur masyarakat dan bersinergi untuk pengelolaan hutan lestari.

Berbagai pemikiran dan informasi yang mendukung tema di atas, redaksi menghadirkan 3 rubrik fokus, yang mengutarakan tentang Hutan antara Isu, Potensi dan Realita, Revitalisasi Hutan Rawa Gambut dan Prakter-praktek Pemanfaatan Lahan Gambut yang akan membawa kita untuk mengetahui usaha yang telah dilakukan berbagai pihak dalam pengelolaan hutan. Selain itu hadir juga dalam rubrik lansekap informasi mengenai nama-nama daerah di Kalsel yang berasal dari nama pohon dan mempelajari bagaimana pengelolaan Ekowisata di Halinjuangan, Hulu Sungai Selatan yang menjual wisata berwawasan lingkungan, kebudayaan, sejarah, dan pesona alam.

Melengkapi edisi Desember, redaksi mewawancarai Dr. Haris Gunawan yang mengisi profil majalah Bekantan terbitan akhir tahun ini. Beliau seorang pakar gambut yang dipercaya sebagai Deputi Penelitian dan Pengembangan Badan Restorasi Gambut. Di sini dikupas profil dan sepak terjang Dr. Haris Gunawan yang bekerja bersama dengan berbagai pihak dalam merestorasi lahan gambut.

Tidak kalah menarik dengan rubrik yang lain, edisi kali ini kami sajikan rubrik khusus yang menghadirkan karya generasi muda (siswa SMP dan SMU Kabupaten Pulang Pisau) bagaimana pandangan dan kata hati generasi muda dalam memandang fenomena alam tentang api, air, gambut dan fauna, yang dituangkan dalam bentuk puisi dan cerita. Rubrik-rubrik lain dikemas dengan apik dan informatif untuk pembaca Bekantan yang budiman.

Penulis : BP2LHK Banjarbaru

Download : Majalah_Bekantan_Vol_5_No__2-2017.pdf