15 Juni 2016 - 1278 klik
Teknik Pembuatan dan Aplikasi Perekat Resorsinol dari Ekstrak Limbah Kayu Merbau

Dalam industri kayu majemuk (composite wood), seperti kayu lapis, papan partikel, venir lamina, balok lamina, papan serat, papan untai dan papan sambung, perekat merupakan bahan utama yang amat penting (20–60% dari seluruh biaya produksi). Selama ini untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut Indonesia mengimpor perekat jenis termoset sintetis yang sebagian besar berasal dari hasil pengolahan minyak bumi di mana sumber dayanya bersifat tidak dapat dipulihkan (non renewable) dan cenderung semakin tidak ekonomis, selain itu penggunaannya juga menyebabkan pencemaran dan menghasilkan emisi gas.

Salah satu upaya solusi alternatif mengatasi hal tersebut adalah menggantikannya dengan bahan baku perekat dari bahan nabati yang memiliki keserupaan komponen kimia dan bersumber dari dalam negeri yang bersifat dapat dipulihkan (renewable) serta tidak mencemari lingkungan, yaitu senyawa fenolik dari ekstrak serbuk kayu gergajian merbau (Intsia spp.). yang diharapkan mampu mengurangi kebergantungan terhadap perekat impor.

Perekat berbasis senyawa fenolik alami relatif luas penggunaannya dan cocok untuk berbagai jenis kayu bahan berlignoselulosa seperti kayu lunak yang berbobot jenis rendah maupun kayu keras yang berbobot jenis tinggi, dan bambu masing-masing dengan kualitas eksterior. Penggunaan senyawa tersebut sebagai bahan baku perekat ditengarai mampu mereduksi pemakaian senyawa fenolik dari hasil olahan minyak bumi yang bersifat non renewable sehingga berdampak pada minimnya emisi formaldehida dari produk perekatannya dan akan menekan efek pemanasan global dan terciptanya teknologi yang ramah lingkungan (green technology).

 

Informasi lebih lanjut:

Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH)

url : http://pustekolah.litbang.dephut.go.id atau http://www.pustekolah.org

 Jl. Gunung Batu No. 5, Po. Box. 182, Bogor 16610, Telp. 0251 - 8633378 Fax.0251 - 8633413

Penulis : Adi Santoso, Jamaludin Malik, Y.S. Hadi

Download : Resorsinol_dari_Ekstrak_Limbah_Kayu_Merbau.pdf