FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

PUBLICATIONS


...

Posted by poespa1993 - 03 Desember 2020
Buku Orasi: Aplikasi Genetika Molekuler untuk Konservasi Genetik Tumbuhan Hutan Tropis Terancam Punah

Buku Orasi ini menguraikan tentang pentingnya informasi genetik didalam menyusun strategi konservasi genetik; perkembangan konservasi genetik; aplikasi marka DNA dan pemanfaatannya untuk menyusun strategi konservasi genetik serta implikasinya pada kebijakan dalam penyusunan strategi dan pelaksanaan konservasi genetik tumbuhan hutan terancam punah.

...

Posted by poespa1993 - 11 November 2020
Buku Orasi: Inovasi Teknologi Lacak Balak dengan DNA untuk Verifikasi Legalitas Kayu

Buku orasi ini menguraikan beberapa hal yaitu: Perkembangan teknologi identifikasi kayu melalui analisi anotami kayu dan analisis berbasis DNA;  Marka DNA untuk verifikasi legalitas kayu; Prospek DNA untuk verifikasi legalitas kayu; dan Prospek, implementasi kebijakan dan strategi pemanfaatan.

...

Posted by poespa1993 - 11 November 2020
Buku Orasi: Teknologi Pemuliaan Sengon untuk Meningkatkan Ketahanan Penyakit Karat Tumor guna Mendorong Perkembangan Industri Perkayuan di Indonesia

Buku orasi ini memperkenalkan teknologi pemuliaan tanaman sengon untuk mendapatkan benih sengon yang tahan terhadap penyakit karat tumor guna mendorong perkembangan industri perkayuan di Indonesia.

...

Posted by poespa1993 - 11 November 2020
Buku Orasi: Penguatan Teknologi Agroforestri Selama Daur dalam Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat

Buku Orasi ini memaparkan pentingnya penguatan teknologi agroforestri selama daur dalam Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat. Materi yang disampaikan mencakup perkembangan teknologi agroforestri di Indonesia, signifikansi teknologi agroforestri selama daur, dan strategi penguatan teknologi agroforestri selama daur dalam Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat.

...

Posted by poespa1993 - 11 November 2020
Buku Orasi: Inovasi Teknologi Pemanfaatan Mikroorganisme dalam Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Terdegradasi serta Bioinduksi Gaharu Budidaya

Buku orasi ini membahas tentang inovasi teknologi mikroorganisme untuk meningkatkan keberhasilan RHL dan produksi gaharu budidaya. Klasifikasi taksonomi fungi yang menjadi fokus riset, yaitu pada fungi ektomikoriza (FEM) termasuk dalam divisi Basidiomycota dan sebagian Ascomycota; Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) termasuk dalam divisi Glomeromycota; Fungi endofit Fusarium solani termasuk dalam divisi Ascomycota. Luaran riset ini adalah produk inovasi teknologi yang menjadi modal dasar implementasi bioekonomi dalam mendukung dan menyukseskan kegiatan RHL serta meningkatkan produk gaharu budidaya.

...

Posted by poespa1993 - 11 November 2020
Buku Orasi: Revitalisasi Kebijakan Berimplikasi Sosial Menuju Pengelolaan Hutan Lestari

Buku orasi ini  menganalisis implikasi sosial terkait revitalisasi kebijakan pengelolaan hutan nasional menuju Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) yang mencakup identifikasi beberapa faktor penting dalam sistem PHL, telaah kebijakan pengelolaan hutan sebelum era reformasi, analisis kebijakan pengelolaan hutan di era reformasi, dan usulan terobosan kebijakan pengelolaan hutan masa depan.

...

Posted by poespa1993 - 17 Juli 2020
Pentingnya Standar Mutu Benih Tanaman Hutan di Indonesia

Dalam orasinya, Prof. Ris. Dr. Yulianti memaparkan bahwa kesatuan mutu genetik, fisik, fisiologis, dan kesehatan benih, akan mempengaruhi performa benih, yang selanjutnya menentukan kualitas bibit hingga produktivitas tanaman di lapangan. Penggunaan benih bermutu dapat meningkatkan produktivitas 30%-50% riap volume pohon. Untuk mendapatkan mutu benih sesuai standar, cara penanganan yang baik harus diterapkan. Teknik penanganan benih tanaman hutan mencakup pengumpulan buah dan indikator kemasakan; ekstraksi benih; pembersihan, seleksi dan sortasi benih; pengeringan benih; pengemasan dan penyimpanan benih serta perkecambahan. Pengelolaan kadar air pada saat penanganan sangat penting untuk diketahui, karena akan berkaitan dengan teknik pengemasan serta penyimpanan benih. 

...

Posted by poespa1993 - 17 Juli 2020
Peningkatan Peran Hutan dalam Mengendalikan Hasil Air untuk Mitigasi Banjir dan Kekeringan

Dalam orasinya, Prof. Ris. Dr. Irfan Budi Pramono menyampaikan bahwa peran hutan dalam mengendalikan hasil air dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik konservasi tanah dan air. Ketidaktepatan pemilihan jenis pohon dan terlalu rapatnya tanaman di daerah kering  berpotensi mengurangi hasil air. Aspek sosial, ekonomi, budaya, dan kelembagaan perlu menjadi pertimbangan dalam meningkatkan peran hutan untuk untuk mengendalikan hasil air. 

...

Posted by poespa1993 - 17 Juli 2020
Membangkitkan Sektor Riil Kehutanan di Era Pembangunan Rendah Emisi

Dalam orasinya, Prof. Ris. Dr. Satria Astana menyampaikan informasi kontribusi hasil hutan kayu, HHBK, dan jasa lingkungan sekaligus menawarkan 3 strategi untuk membangkitkan sekaligus mengurangi emisi sektor riil kehutanan. Pertama, meningkatkan produksi kayu HTI sebesar 9,5% pertahun. Kedua, memperbaiki property rights dalam pengelolaan hutan. Ketiga, mengoreksi distorsi harga kayu bulat di pasar dalam negeri untuk menjamin biaya pengelolaan hutan secara lestari dapat ditutupi oleh harga pasar kayu bulat.

...

Posted by datinfo - 06 Juli 2020
Statistik Badan Litbang dan Inovasi 2019

Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) merupakan unsur penting dan mempunyai peran strategis di dalam struktur organisasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan penelitian, pengembangan, dan menciptakan inovasi-inovasi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Selain itu, tugas BLI termasuk penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pengembangan kepada pengguna baik internal maupun eksternal KLHK. Peran strategis BLI tersebut diinterpretasikan sebagai pemandu KLHK dalam membuat kebijakan-kebijakan, penyedia informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang dipergunakan sebagai basis untuk memberikan solusi terhadap permasalahan aktual lingkungan hidup dan kehutanan, serta penghasil inovasi teknologi yang dapat mendorong akselerasi pencapaian tujuan pembangunan kehutanan

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry