FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

PUBLICATIONS


...

Posted by Author - 29 Januari 2020
Swara Samboja Magazine Vol VIII No 1, 2019

Are Friends of Conservation familiar with Tarsius (Tarsius fuscus) and Dare Black Monkey (Macaca maura)? Both of these unique primates can be found in the Karaenta Forest of Bantimurung National Park. However, they have currently been threatened with extinction due to their fragmented habitat and conflicts with humans. Mira Kumala Ningsih and Suryanto comprehensively discuss the two primates in the paper entitled "Unique Primates in Pattunuang-Karaenta Forest of the Bantimurung-Bulusaraung National Park " in Swara Samboja Magazine Vol VIII/No 1/2019.

...

Posted by Author - 29 Januari 2020
FORDA Statistics 2018

The Research, Development and Innovation Agency (FORDA) has a task of carrying out research, development and innovation related to environment and forestry issues. To carry out this task, support of data and information is very important, which can serve as a reference in planning, implementing and evaluating processes. The 2018 statistics book of FORDA encompasses a series of annual FORDA publications and is intended to present data and information that illustrate the objective facts of the FORDA up to 2018. 

...

Posted by Author - 28 Januari 2020
Anthology: Bioprospection of Medicinal Plants in Indonesia’s Tropical Forests

FORDA has various research programs by initiating the potential of medicinal plants from the forests in which many tree and understorey species have not been domesticated yet. Gradually, research on medicinal plants in the forests was carried out in 2015-2019 on several types of commodities, which were selected by working units under FORDA. Laboratory facilities and human resources are very limited, so each working unit only study 1-2 commodities. Several researchers at working units also collaborated with local universities in each province.

...

Posted by Author - 08 Oktober 2019
KONSERVASI DAN EKOWISATA GAJAH Sebuah Model dari KHDTK Aek Nauli

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus menggalakkan berbagai program untuk mencegah semakin meluasnya degradasi hutan dan kehilangan keragaman hayati, termasuk satwa liar. Peranan Badan Litbang dan Inovasi juga terus ditingkatkan untuk memberikan berbagai informasi dan rekomendasi dalam mendukung program tersebut. Salah satunya adalah mengimplementasikan berbagai penelitian dan pengembangan konservasi gajah di KHDTK Aek Nauli, yang diberi nama “Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC)”. 

Seperti diketahui bersama, gajah saat ini merupakan satwa liar yang sudah dilindungi dan statusnya sudah tergolong terancam punah. Berkurangnya habitat gajah di Pulau Sumatra tentunya akan semakin meningkatkan konflik gajah dengan manusia. Perburuan akan berdampak pula terhadap keterancaman populasinya sehingga membutuhkan dukungan upaya konservasi dari semua pihak. Pengembangan gajah jinak di KHDTK Aek Nauli dengan tujuan meningkatkan peluang perkembangbiakan gajah, pengawetan genetik, sebagai objek penelitian dan pemanfaatan untuk tujuan ekowisata diharapkan dapat menjadi model dalam mewujudkan pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan. 

Untuk mewujudkan pengelolaan ANECC yang optimal, berbagai informasi ilmiah sangat dibutuhkan untuk menjadi acuan kebijakan pengelolaan yang tepat ke depannya. Kehadiran buku ini dengan judul Konservasi dan Ekowisata Gajah: Sebuah Model dari KHDTK Aek Nauli diharapkan mampu menjadi jawaban untuk mewujudkan pengelolaan ANECC ataupun ekowisata satwa liar pada kawasan hutan lainnya. Buku ini memberikan pengetahuan dan informasi yang lengkap terkait bioekologi gajah dan pemahaman terhadap ekowisata, serta telah dilengkapi dengan berbagai rekomendasi strategi pengembangan ekowisata untuk mendukung konservasi satwa liar, khususnya gajah yang cukup komprehensif.

...

Posted by Author - 21 Juni 2019
Cerita dan Informasi Seputar DAS - Vol. 4 No. 2 Tahun 2018

Membagikan kehidupan dan kebahagiaan sebagai tempat hidup di berbagai tempat menjadi titik fokus tulisan Agung Wahu Nugroho, S.Hut, M.Sc. Sejalan dengan Hesse, pohon merupakan kehidupan dan memindahkan poon berarti memindahkan kehidupan. Secara gamblang dan runtut, Agung menuturkan Teknik Transplanting Tanaman Hutan pada Majalah CerDAS edisi ini. 

...

Posted by Author - 21 Juni 2019
BEKANTAN: Puspa & Satwa

Dipenghujung tahun 2018 Bekantan kembali menyapa sahabat semua. Dimulai pertama kali pada tahun 1993 berdasarkan Keppres Nomor 4 tahun 1993, tiap tanggal 5 November diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta untuk menumbuhkan dan mengingatkan betapa pentingnya puspa dan satwa dalam rona kehidupan sekitar kita.

...

Posted by Author - 21 Juni 2019
Cerita dan Informasi Seputar DAS - Vol. 4 No. 1 Tahun 2018

Dalam edisi kali ini, majalah CerDAS mengangkat Danau Habema di Papua sebagai fokus. Danau nan cantik menghampar di atas ketinggian 3.225 meter di atas permukaan laut, menjadi lansekap utama Taman Nasional Lorensts. Kita juga belajar banyak dari perjalanan seorang Prof. Suratman, dosen Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada di halaman Sosok, "Restorasi sungai harus segera dilakukan", kata beliau. Jangan lupa juga untuk mencermati halaman profil yang kali ini menampilkan "Pengelolaan DAS Mikro: Upaya Membangun Laboratorium Lapang". Ada juga tulisan yang mengajak: "Mengenal Irigasi: Kunci Distribusi Air Penunjang Ketahanan Pangan", "Mengenal Turi sebagai Sumber Obat, Makanan dan Penyubur Tanah", dan berbagi pengetahuan dengan tulisan "Skala Peta dalam Pengelolaan DAS".

...

Posted by administrator - 04 April 2019
200 Inovasi BLI (Edisi Revisi)

Buku ini memilah beragam hasil penelitian dan pengembangan BLI beberapa dasawarsa terakhir, dan dianggap memenuhi keriteria sebagai bentuk inovasi untuk dipublikasikan kepada khalayak. Buku ini memilih 200 inovasi untuk disampaikan kepada para pemangku kepentingan. Kumpulan inovasi tersebut dibagi kedalam 4 kategori inovasi yaitu: (1)produk; (2) proses; (3) alat; dan (4) gagasan.

...

Posted by Author - 02 April 2019
BEKANTAN: Saatnya Perhutanan Sosial

Salam jumpa kembali sahabat Bekantan yang setia. Saat ini pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 mencanangkan ± 12,7 juta hektar kawasan hutan dapat diakses secara legal oleh masyarakat melalui Perhutanan Sosial, yang terdiri dari: Hutan Kemasyarakatan (HKm), Hutan Desa (HD), Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Adat (HA), dan Kemitraan Kehutanan. Seirama dengan program tersebut majalah Bekantan edisi kali ini mengambil tema “Saatnya Perhutanan Sosial”.

...

Posted by Author - 02 April 2019
Flora di Habitat Bekantan Lahan Basah Suwi Kalimantan Timur

Buku Flora di Habitat Bekantan Lahan Basah Suwi ini merupakan panduan praktis dalam kegiatan penelitian. Buku ini ditulis oleh Mukhlisi, Tri Atmoko dan Priyono dengan editor Adi Susilo, Sofyan Iskandar dan diterbitkan oleh Forda Press tahun 2018.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry