Dientry oleh Dyah Puspasari - 31 May, 2021 - 738 klik
Sekretariat BLI Lolos sebagai Calon Unit Kerja Berpredikat ZI/WBK dari KLHK

" Sekretariat Badan Litbang dan Inovasi (BLI) menjadi satu dari empat unit kerja (satker) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang lolos sebagai calon satker berpredikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) 2021,berdasarkan hasil penilaian sementara Tim Penilai Internal (TPI) atas pembangunan WBK/WBBM lingkup KLHK tahun 2021. "

[FORDA]_Sekretariat Badan Litbang dan Inovasi (BLI) menjadi satu dari empat unit kerja (satker) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang lolos sebagai calon satker berpredikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) 2021.  Unit kerja yang lolos akan diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk proses penilaian lebih lanjut. 

Hal ini diumumkan oleh Ardyanto Nugroho, S.Hut., M.M., Inspektur Investigasi pada Inspektorat Jenderal Kementerian KLHK, Kamis (6/5), dalam rapat Capacity Building Tim Penilai Unit Kerja WBK lingkup KLHK yang dilaksanakan secara virtual.  

Dalam rapat yang dihadiri Tim Penilai Unit Kerja WBK Lingkup KLHK tersebut, Ardyanto menyampaikan hasil penilaian sementara Tim Penilai Internal (TPI) atas pembangunan WBK/WBBM lingkup KLHK tahun 2021. Keempat unit kerja yang masuk nominasi adalah Sekretariat BLI, Sekretariat Ditjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Rencana, Penggunaan dan Pembentukan Wilayah Pengelolaan Hutan, dan Balai TN Alas Purwo. 

Selain 4 satker tersebut, menurut Ardyanto terdapat 5 satker KLHK lainnya yang berpeluang untuk diajukan sebagai calon unit kerja berpredikat ZI/WBK. Dua di antaranya dari BLI yaitu Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) serta BP2LHK Palembang. 

Menindaklanjuti pengumuman tersebut, Sekretariat BLI mengadakan rapat pembahasan, Senin (10/5), secara virtual. Rapat tersebut melibatkan unit kerja lingkup BLI yang diajukan ke Inspektorat Jenderal KLHK sebagai calon unit kerja berpredikat ZI/WBK.  Pembahasan dipimpin oleh  Pelaksana Tugas  Sekretaris BLI dan dengan narasumber Ardyanto Nugroho, S.Hut., M.M. selaku Inspektur Investigasi, dan Yulia Niken Purwaningrum, S,Hut, MM., selaku Auditor pada  Inspektorat Investigasi, Inspektorat Jenderal KLHK. 

Baca juga: Menguatkan Pembangunan Zona Integritas di BLI

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si. selaku Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris BLI menyampaikan bahwa implementasi ZI/WBK ini merupakan hal penting karena merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menguatkan implementasi Reformasi Birokrasi menuju birokrasi berkelas dunia. Pada tahun 2021 ini, unit-unit kerja BLI perlu bekerja lebih keras untuk mengulangi sukses tahun 2020 ketika dua unit kerja lingkup BLI meraih predikat ZI/WBK. 

Baca juga: Dua Unit Kerja BLI KLHK Raih Penghargaan Z/WBK 2020

Sylvana meyakini masih ada unit kerja dari BLI yang memiliki peluang untuk diajukan sebagai calon unit kerja berpredikat ZI/WBK kepada Kementerian PAN-RB, selain 3 unit kerja Sekretariat BLI, P3SEKPI, dan BP2LHK Palembang. Pada 2021 ini, dari 20 unit kerja BLI, 9 unit kerja telah memenuhi persyaratan untuk diajukan ke Itjen KLHK sebagai calon satker berperdikat ZI/WBK dari BLI. 

“Saya yakin bisa, karena teman-teman satker sudah terbiasa bekerja keras secara maraton untuk memenuhi persyaratan dokumen,” ujarnya. Dibutuhkan komitmen kuat yang dari pimpinan unit kerja sampai kepada anggota organisasinya untuk memenuhi syarat-syarat yang harus dilengkapi sesuai waktu yang sudah ditentukan. 

Baca juga: Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi BLI

Sementara itu, dalam arahannya, Ardyanto menyampaikan bahwa KLHK berharap satker BLI dapat mengulangi sukses  yang sama di tahun 2020 lalu dengan meraih penghargaan ZI/WBK dari Kementerian PAN-RB. Lebih lanjut disampaikannya bahwa Inspektorat Investigasi siap menjadi  partner strategis bagi BLI dalam menyiapkan diri menghadapi tim penilai dari Kementerian PAN-RB. 

Terkait hasil reviu dokumen, Yulia Niken  menyampaikan beberapa hal yang perlu diperbaiki. Perbaikan yang perlu dilakukan meliputi dokumen dukung yang tidak terunggah atau adanya narasi dari penyampaian data dukung yang seringkali tidak konsisten, adalah beberapa hal yang perlu dilengkapi oleh unit kerja. 

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam menghadapi penilaian oleh Kementerian PAN-RB adalah menyiapkan responden survei kepuasan pelanggan, komitmen pimpinan dalam pemahaman terkait ZI/WBK, inovasi layanan serta konten website terkait layanan/informasi untuk masyarakat. Rapat ditindaklanjuti dengan diskusi antara unit kerja BLI dengan Pihak Inspektorat Investigasi dalam upaya penguatan data dukung dan strategi yang akan ditempuh menuju unit kerja berpredikat ZI/WBK. Hasil penilaian final dari TPI atas pembangunan WBK/WBBM lingkup KLHK tersebut akan diumumkan pada sekitar Juli 2021 mendatang.*(IP)

Penulis : Irawan Pujirestyan
Editor : Bayu Subekti dan Dyah Puspasari