Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 01 February, 2021 - 2832 klik
Vademecum Kehutanan Indonesia 2020:  Membangun Bingkai Dasar Pengetahuan Pengelolaan Hutan

" Vademecum Kehutanan Indonesia 2020 adalah sebuah bentuk dedikasi Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI-KLHK) untuk semua pihak yang memerlukan panduan dan informasi konseptual dan praktis tentang hutan dan kehutanan Indonesia "

[FORDA] _Ada hal yang menjadi perhatian, menjadikan pemahaman dasar pengelolaan hutan menjadi pilar yang tidak dapat ditawar lagi. Setiap hari rimbawan dihadapkan pada keterbatasan informasi dan data dalam pengambilan keputusan di tengah-tengah  kompleksitas tantangan dan tingginya dinamika kehutanan dan lingkungan hidup. Mengambil keputusan dan tidak mengambil keputusan keduanya memiliki risiko.

Proses penyusunan kebijakan sesungguhnya merupakan proses pengambilan keputusan. Proses memahami mengapa kebijakan dibentuk, tidak sekedar pembingkaian pengetahuan atas suatu isu, namun juga narasi yang akan membicarakan cerita kebijakan, dan juga cara bagaimana posisi kebijakan melekat pada jaringan (aktor, pendanaan, relasi, institusi dan organisasi) serta dinamika kekuasaan yang memungkinkan dengan segala keterbatasannya, termasuk keterbatasan informasi. Saat ini atau kelak nanti, rimbawan sebagai pengambil keputusan, keterbatasan informasi dan data di satu sisi; di saat yang sama harus segera mengambil keputusan, memerlukan ruang pengetahuan yang dalam dan luas (rapid appraisal).

Memberikan landasan-landasan pengetahuan pengelolaan hutan untuk memformulasi tantangan dan dinamika lingkungan hidup dan kehutanan tersebut, buku Vademecum diterbitkan. Perjalanan buku vademecum kehutanan ini cukup panjang mulai dari Vademecum Kehutanan 1976, Manual Kehutanan 1992, Panduan Kehutanan 1998 dan 1999, draf Panduan Kehutanan Indonesia 2014. Pendekatan-pendekatan persoalan hutan telah bergeser, sehingga tata bingkai pengetahuanpun bergeser untuk memberikan solusi yang cukup. Oleh karena itu, buku Vademecum Kehutanan diluncurkan tahun 2020. Konsep-konsep baru pengetahuan hadir dalam buku ini.

Buku Vademecum  Kehutanan Indonesia 2020 diluncurkan oleh Kepala BLI, Dr. Agus Justianto dalam acara refleksi akhir tahun KLHK bertajuk “SOIFO 2020, HINTS LHK dan SEEK 2021 di Manggala Wanabakti, Jakarta, (30/12/20).

Vademecum Kehutanan Indonesia 2020 adalah sebuah bentuk dedikasi Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI-KLHK) untuk semua pihak yang memerlukan panduan dan informasi konseptual dan praktis tentang hutan dan kehutanan Indonesia.***(MSC/DP/TS)

Buku ini dapat diakses semua pihak dan dapat diunduh dengan klik tautan di bawah ini:

Download Vademecum Kehutanan Indonesia 2020

Penulis : M. Sahri Chair, Dyah Puspasari, Tutik Sriyati
Editor : Yayuk Siswiyanti