Dientry oleh Dyah Puspasari - 13 November, 2020 - 262 klik
BSU Cendana BLI-KLHK, Raih Juara II Penghargaan Bogorku Bersih 2020

" Pengelola bank sampah, adalah Pahlawan Indonesia Bersih tanpa tanda jasa, kerja nyata bukan wacana "

[FORDA] _Bank Sampah Unit (BSU) Cendana menoreh prestasi dalam ajang Penganugerahan Bogorku Bersih 2020 Clean & Clear, yang berlangsung di Taman Ekspresi, Sempur, Kota Bogor, Kamis (12/11/2020).  Juara II dalam kategori Bank Sampah, berhasil diraih bank sampah yang dikelola Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini. Prestasi ini membuktikan, bahwa BSU Cendana telah berkontribusi nyata dalam meningkatkan kebersihan dan keindahan Kota Bogor. 

Baca juga: BSU Cendana: Setahun Berkiprah, Makin Terjangkau dan Bermanfaat 

Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengapresiasi kegiatan Bogorku Bersih 2020. Menurutnya, meski di tengah Pandemi Covid-19, tidak membuat masyarakat Kota Bogor berhenti dalam menjaga lingkungan mereka. 

Penghargaan “Bogorku Bersih” 2020 kategori Bank Sampah diserahkan oleh Kepala Staf Komando Resort Militer (Kasrem) 061/ Surya Kencana, didampingi oleh juri Guntur Santosa dan perwakilan Lanud Atang Sendjaja. Sebagai juara II, BSU Cendana mendapat hadiah sebesar Rp. 7,5 juta. 

BSU Cendana yang diwakili oleh Direktur BSU Cendana, Ny. Neni Rasid Astana, mengatakan pencapaian pada posisi ke dua ini menjadi tantangan ke depannya untuk lebih baik lagi. Ia berharap perilaku dan kesadaran masyarakat meningkat. 

“Tidak lagi buang sampah sembarangan dan bisa memilah sampah di wilayah,” tutur Neni. 

Dihubungi melalui pesan singkat whatsapp, Ny. Nelly Agus Justianto, Pelindung BSU Cendana, yang juga Ketua DWP Badan Litbang dan Inovasi, KLHK menyampaikan penghargaan ini diperoleh berdasarkan 3 aspek penilaian. Pertama dari konsistensi dan kontinuitas operasional bank sampah, kualitas memilah sampah yang baik dan memuaskan, serta  melakukan pembinaan kepada masyarakat. 

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan terus nasabah kami, agar semakin banyak masyarakat sadar dan tahu cara mengelola sampahnya. Kami juga akan melibatkan putra-putri lingkup KLHK melalui ekoliterasi dan pembinaan sebagai target kami selanjutnya,”ungkap Nelly antusias. 

Menurutnya, hadiah yang diterima akan dimanfaatkan untuk pembinaan ke masyarakat dan tentunya untuk para pengurus BSU Cendana yang sangat istiqomah melayani nasabah dan berinovasi untuk meningkatkan kinerja BSU Cendana.

“Mereka adalah Pahlawan Indonesia Bersih tanpa tanda jasa, kerja nyata bukan wacana,”tegasnya. 

Baca juga: Bank Sampah Cendana: How Clean Can You Go? 

Program “Bogorku Bersih” ini merupakan program yang diinisiasi Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor. Pada tahun 2020, ada 5 kategori yang masuk masuk program, yakni kategori Bank Sampah, TPS3R, Permukiman Tepi Sungai, Permukiman Swadaya dan Permukiman Teratur.

Ajang penghargaan “Bogorku Bersih” 2020 ini juga dihadiri oleh Nurhayanti, mantan BUpati Bogor, yang juga merupakan salah satu Juri Kehormatan Bogorku Bersih 2020.*(DP)

 

Penulis : Dyah Puspasari
Editor : Yayuk Siswiyanti