Dientry oleh BP2LHK Aek Nauli - 14 October, 2020 - 256 klik
BP2LHK Aek Nauli Jadi Narasumber Pengembangan Lebah Madu di Kawasan Hutan Lindung Sikulaping

" Pelatihan ini merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kapasitas Kelompok Tani Hutan dalam pengembangan komoditas unggulan untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Bagi BP2LHK Aek Nauli kegiatan ini merupakan salah satu media dalam menyebarluaskan hasil litbang yang telah dikerjakan "

[FORDA] _Dalam rangka mengembangkan komoditas unggulan di Kabupaten Pakpak Bharat, Yayasan Pesona Tropis Alam Indonesia (PETAI) menggelar pelatihan dan pengembangan lebah madu bagi masyarakat sekitar kawasan Hutan Lindung Sikulaping. Pada kegiatan ini Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dipercaya menjadi narasumber pelatihan.

Dilaksanakan di Aula Desa Kuta Tinggi pada Rabu dan Kamis, 7 - 8 Oktober 2020, acara ini diikuti 20 orang peserta, perwakilan 2 Kelompok Tani Hutan (KTH) yang ada di sana, yaitu KTH Desa Aornakan I dan KTH Desa Kuta Tinggi.  

Saat membuka acara, Muammar BM, S. Hut selaku koordinator lapangan Yayasan PETAI menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kapasitas KTH dalam pengembangan komoditas unggulan untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Pelatihan ini menjadi awal mula pengembangan madu bagi KTH di kawasan Hutan Lindung Sikulaping. Harapannya, dengan mendapatkan materi dan melakukan praktik, bapak/ibu dapat mengaplikasikanya secara langsung di areal HKm (Hutan Kemasyarakatan), sehingga penggunaan Hkm bisa maksimal," ujar Muammar.

“Kami berharap pelatihan ini bukan hanya sebagai seremonial saja, akan tetapi ilmu yang diberikan dapat dilaksanakan dan dikembangkan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Kepala BP2LHK Aek Nauli, Kepala Seksi Data Informasi dan Kerjasama, Ismed Syahbani S.Hut, menyampaikan terima kasihnya kepada Yayasan PETAI selaku penyelenggara, karena kegiatan pelatihan ini menjadi salah satu media bagi BP2LHK Aek Nauli untuk menyampaikan hasil-hasil litbangnya kepada masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan salah satu media bagi BP2LHK Aek Nauli dalam menyebarluaskan hasil litbang yang telah dikerjakan, terutama terkait alih teknologi budidaya lebah madu," tutur Ismed.

Harapan kami apa yang dipelajari selama dua hari ini dapat memberikan hasil ke depannya, sehingga kegiatan ini tidak menjadi sia-sia," ujar Ismed.

Lebih lanjut Ismed menyampaikan bahwa BP2LHK Aek Nauli selalu terbuka dan juga menerima jika ada masyarakat yang mau belajar langsung ke BP2LHK Aek Nauli.

“Kalau selesai pelatihan ada yang mau dikonsultasikan, bisa menghubungi kami atau bisa datang langsung ke balai kami, sekalian belajar dan melihat potensi lebah madu yang kami kembangkan areal balai kami,” pungkas Ismed.

Pemberian materi dilakukan oleh Teknisi Litkayasa sekaligus ahli lebah BP2LHK Aek Nauli, Aam Hasanudin, S.Hut. Materi yang disampaikan pada hari pertama antara lain terkait pengenalan jenis lebah, cara menjebak lebah di alam, hingga pembuatan glodok dan stup koloni lebah Trigona.

Di sela penyampaian materi, Aam juga menyampaikan bahwa lokasi sekitar desa tempat pelatihan berlangsung memiliki kondisi vegetasi dan lingkungan yang bagus, sehingga cocok untuk budidaya lebah madu.

"Memelihara lebah harus tekun dan telaten supaya berhasil. Saya optimis, melihat kondisi di sekitar yang banyak vegetasi dan lingkungannya alami, ternak lebah ini akan berhasil,” kata Aam.

“Ketika kita melakukan pelatihan bulan ini,  insyaallah tiga bulan sudah menghasilkan madu" tambah Aam.

Selanjutnya pada hari kedua, kegiatan pelatihan diisi dengan praktik pembuatan stup lebah Apis, pembuatan smoker (pengasap), serta praktik berburu/mencari koloni lebah liar yang akan dipindahkan dalam stup pemeliharaan.***NNN

---------------------------------------------- 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli

Jln. Raya Parapat Km. 10,5 Desa Sibaganding, Kec. Girsang Sipanganbolon, Parapat, Kab. Simalungun, Prov. Sumatera Utara 21174

Email : bpk.aeknauli@gmail.com

Web : http://aeknauli.org

FB : Balitbang LHK Aek Nauli

IG : bp2lhk_aeknauli

Twitter : @bpk_aeknauli

Youtube : BP2LHK AekNauli  

Penulis : BP2LHK Aek Nauli
Editor : Risda Hutagalung