Dientry oleh Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan - 16 September, 2020 - 78 klik
Edukasi Bahaya Merkuri, P3KLL Uji Sampel Rambut Peserta FORDA Ekoliterasi

" FORDA Ekoliterasi kali ini fokus pada edukasi tentang kualitas lingkungan dan bahaya merkuri. Hal ini penting mengingat di area pendidikan tersebut terdapat pertambangan emas Pongkor. Menurut informasi yang diperoleh tim P3KLL, beberapa siswa sekolah dasar tersebut bertempat tinggal berdekatan dengan penambangan emas Pongkor, Bogor "

[FORDA] _FORDA Ekoliterasi kembali digelar Badan Litbang dan Inovasi KLHK, Kamis (10/9/2020) lalu. Diadakan bagi siswa sekolah dasar di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, FORDA Ekoliterasi kali ini fokus pada edukasi tentang kualitas lingkungan dan bahaya merkuri.

Baca juga: FORDA Ekoliterasi: Edukasi Lingkungan dan Bahaya Merkuri di Nanggung, Bogor

Selain mendemonstrasikan peralatan uji kualitas lingkungan di mobil laboratorium untuk media air, tanah dan udara, pada acara tersebut Puslitbang Kualitas Laboratorium dan Lingkungan (P3KLL - KLHK) juga mengambil sampel rambut beberapa peserta untuk diuji kadar merkurinya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Merkuri: Bahaya dan Solusinya

Hal ini penting mengingat di area pendidikan tersebut terdapat pertambangan emas Pongkor. Menurut informasi yang diperoleh tim P3KLL, beberapa siswa sekolah dasar tersebut bertempat tinggal berdekatan dengan penambangan emas Pongkor, Bogor.

“BLI (FORDA) menghadirkan mobil laboratorium P3KLL. Selain untuk memberikan edukasi tentang bahaya merkuri, P3KLL juga mengambil contoh rambut siswa untuk diuji kadar merkurinya dalam mobil laboratorium tersebut,” kata ibu Silvana Ratina, Sekretaris BLI dalam sambutannya pada kegiatan tersebut melalui sambungan virtual.

Baca juga: BLI Kampayekan Bahaya Merkuri dan Timbel

Sebanyak 20 sampel rambut siswa dan 5 orang guru diambil dan kemudian dianalisis di mobil laboratorium P3KLL-BLI oleh Andriantoro, Analis Laboratorium Toksikologi dan Maulana Kusumardani, Analis Laboratorium Air. Tak butuh waktu lama, 15 menit kemudian beberapa hasil uji rambut sudah dapat diketahui, secara umum menunjukkan angka di bawah ambang batas.

Sebagaimana diketahui, merkuri (Hg) merupakan salah satu logam berat yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan, Namun pengetahuan masyarakat terhadap bahaya merkuri masih rendah.  Akibatnya, merkuri masih sering digunakan tanpa prosedur yang benar, terutama di Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK).

Baca juga: FORDA Ekoliterasi, Mengawal Kesadaran Konservasi Alam Lintas Generasi

Kepada 20 siswa yang berasal dari 10 sekolah dasar yang ada di sana, 10 guru pendamping dan beberapa perwakilan kecamatan yang hadir, FORDA Ekoliterasi kali ini juga mengedukasi tentang pentingnya menjaga sumber daya alam dan lingkungan.***

Penulis : ALi Fardian