Dientry oleh Dyah Puspasari - 26 May, 2020 - 368 klik
Halalbihalal “New Normal” BLI, Kuatkan Silaturahmi di Era Pandemi

[BLI]_Ada yang berbeda dalam halalbihalal Idulfitri 1441 H. Momen silaturahmi yang biasanya diwarnai dengan berkumpul dan berjabat tangan saling memaafkan satu sama lain, kini harus dijalankan secara virtual karena situasi pandemi Covid-19. Menghadapi itu, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) menggelar halalbihalal “new normal” dipimpin oleh Dr. Agus Justianto, Kepala BLI (26/5) untuk menguatkan silaturahmi di antara keluarga besar BLI.

“Menghadapi new normal, kita akan banyak melakukan komunikasi melalui virtual, dan ternyata komunikasi virtual ini cukup efektif,”ungkap orang nomor satu di BLI ini kepada seluruh jajarannya. 

Baca juga: Dirgahayu FORDA, Bersiap Menghadapi “New Normal” 

“Mudah-mudahan momentum ini bisa memperkuat menguatkan silaturahmi kita di jajaran Badan Litbang dan Inovasi,”ujar Agus dalam arahannya. Kegiatan ini juga disiarkan secara live streaming YouTube, sehingga dapat disaksikan oleh seluruh keluarga besar BLI di mana pun berada. 

Saksikan: Youtube Halalbihalal BLI 1441 H

Agus mengungkapkan rasa syukur dapat berhalalbihalal dengan seluruh jajaran BLI meskipun secara virtual. Kegiatan ini dihadiri hampir 500 peserta yang terdiri atas seluruh pejabat struktural dan fungsional peneliti Pusat dan Daerah lingkup BLI.  

Silaturahmi yang makin erat di hati seluruh keluarga besar BLI, menurut Agus, akan menciptakan kerjasama yang baik. Dengan demikian, proses penyelesaian tugas diharapkan dapat lebih cepat dan lebih baik, sehingga hasilnya akan menjadi lebih baik pula.  “Untuk itu silaturahmi diantara kita harus terus kita jaga dan senantiasa ditingkatkan kualitasnya,”pesan Agus. 

Unduh: Arahan Kepala BLI dalam Halalbihalal 1441 H

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa berbagai hal yang telah dicapai BLI dalam berkarya dan menorehkan berbagai prestasi, tentunya harus diimbangi dengan ketaqwaan yang semakin meningkat dari para pegawai. Menjalin hubungan baik dengan Allah (habluminallah) dan juga hubungan baik dengan manusia (habluminannas), harus bisa berjalan bersama.   

Acara halalbihalal yang dilaksanakan BLI secara virtual ini merupakan bagian dari habluminannas, sebagai kesempatan  untuk saling meminta maaf, saling legowo memaafkan kesalahan yang dilakukan selama ini.  Dalam halalbihalal ini, seluruh kepala unit kerja BLI dan profesor riset serta perwakilan peneliti mengucapkan selamat idulfitri serta mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh keluarga besar BLI. 

Terkait dengan kondisi pandemi Covid-19 yang dihadapi saat ini, dalam kesempatan halalbihalal ini, Agus juga menyampaikan harapannya agar BLI semakin menyadari bahwa sebagai lembaga pemerintah, Negara harus semakin hadir. Bersama-sama masyarakat, BLI harus terus berkontribusi mengatasi dan menanggulangi permasalahan hidup bernegara yang multidimensi baik ideologi, politik, sosial, ekonomi dan budaya di tengah pandemi Covid-19. 

“Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, kita harus selalu berupaya untuk memperbaiki tidak hanya citra Negara dihadapan publik, tapi sekaligus benar-benar menjawab dan memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat,” tegasnya. 

“Akhirnya kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, marilah kita berdo’a seraya berserah diri, semoga kegiatan halalbihalal yang kita laksanakan pada hari ini, mendapat ridho dan berkah dari-Nya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin. Terima kasih atas segala perhatiannya, mohon maaf atas kekurangannya,”pungkas Agus.*(DP)