Dientry oleh Risda Hutagalung - 22 May, 2020 - 131 klik
Bina 24 Lab Lingkungan Daerah Menuju Akreditasi, P3KLL Capai Target 2015-2019

[P3KLL] _Pusat Litbang Kualitas Lingkungan dan Laboratorium (P3KLL) telah mencapai target tahun 2015 hingga 2019 terkait pendampingan dan pembinaan Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) Laboratorium Lingkungan Daerah di Indonesia menuju akreditasi.

Pencapaian ini bahkan melebihi target dan sesuai yang diharapkan Rencana Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu sebanyak 24 UPTD Laboratorium Lingkungan telah dibina, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di 16 provinsi di Indonesia.

“Tahun 2019 lalu P3KLL berhasil mendampingi 3 UPTD Lab Lingkungan Daerah untuk mendaftar akreditasi di 3 provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat,” kata Kasubbid. Pembinaan Laboratorium P3KLL, Ariansyah ST, M.M.

Tentunya, pencapaian target ini tidak lepas berkat dukungan dari seluruh pihak, baik aparatur labotarorium maupun para pemangku kebijakan atau pimpinan, baik yang berada di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota.

Khusus untuk wilayah Indonesia Timur, Ariansyah mengatakan, UPTD Laboratorium Lingkungan Daerah masih sangat kurang penyebarannya. Hal ini menjadi konsen P3KLL untuk terpacu melakukan pembinaan melalui jalur pendampingan pilot project maupun mandiri.

“Ke depan, diharapkan jumlah penyebaran laboratorium lingkungan yang terakreditasi di seluruh Indonesia, serta kemampuan jumlah parameter dan ruang lingkup pengujian bagi laboratorium terakreditasi/teregristrasi akan terus bertambah,” pungkas Ariansyah.***(A/AF)

Keterangan foto: kegiatan pendampingan dan pembinaan oleh P3KLL tahun 2015 - 2019 lalu