Dientry oleh Risda Hutagalung - 20 May, 2020 - 82 klik
Audit Internal Laboratorium, P3KLL Terapkan Physical Distancing

[P3KLL] _Selaku unit pelayanan teknis laboratorium lingkungan, melaksanakan audit internal adalah bagian dari tugas Pusat Litbang Kualitas Lingkungan dan Laboratorium (P3KLL). Meski di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tugas tersebut tetap dilaksanakan. Dengan menerapkan protokol physical maupun social distancing audit tersebut berlangsung Selasa (12/5/2020) lalu.

Teknik audit yang digunakan pada audit internal kali ini merupakan perpaduan antara wawancara langsung kepada  penyelia laboratorium dan review implementasi pada rekaman perencanaan sampling, pelaksanaan sampling dan analisa sampel serta pelaporan hasil uji. Tak ketinggalan, pemeriksaan status kinerja peralatan yang digunakan serta simulasinya juga dilakukan.

“Yang diaudit kali ini adalah Laboratorium Udara dan Laboratorium Tanah Limbah Padat. Tim auditor perlu memastikan konsistensi semua personel laboratorium dalam penerapan ISO/IEC 17025,” kata Rina Aprishanty, selaku Lead Auditor Internal P3KLL.

“Proses tindak lanjut dari hasil temuan ketidaksesuaian akan dikawal oleh Tim Audit Internal, hingga batas waktu yang telah disepakati,” tambahnya.

Sebagai informasi, audit internal dilakukan sebagai kegiatan rutin untuk menjaga konsistensi penerapan sistem mutu laboratorium serta self assesment setiap laboratorium terakreditasi dalam menjaga konsistensi dan kompetensi personil, sebelum dilakukan audit eksternal oleh Tim Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).***(YS/RA/AF)