Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 31 December, 2019 - 334 klik
In House Training Pengoperasionalan Peralatan Mobil Laboratorium

BLI (Samboja, Desember 2019)_Dalam rangka mendukung operasionalisasi Mobil Laboratorium yang telah dikirimkan oleh Pusat Litbang Kualitas Laboratorium dan Lingkungan (P3KLL), Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumberdaya Alam (Balitek KSDA) Samboja mengadakan In House Training Pengoperasian Peralatan Mobil Laboratorium di laboratorium Balitek KSDA, 26/12.

Kegiatan In House Training yang dirangkaikan dengan acara pengecekan perlengkapan mobil laboratorium di Balitek KSDA ini dihadiri oleh perwakilan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kutai Kartanegara, perwakilan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Analis Laboratorium Kabupaten Kutai Kartanegara, Analis Laboratorium Kota Balikpapan, Peneliti dan Teknisi Litkayasa Balitek KSDA.

Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir, dalam sambutannya menegaskan bahwa diperlukan sinergi yang kuat dari stakeholder terhadap pengoptimalan pemanfaatan mobil laboratorium ini. “Setelah penyerahan ini dan In House Training, beberapa tahapan juga perlu dilakukan antara lain finalisasi penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) operasional mobil laboratorium, dan sertifikasi petugas pengambil contoh uji termasuk secara berkala melakukan kalibrasi alat yang terdapat dalam mobil laboratorium.” Kata Ishak.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Kartanegara, Alfian Noor,  sebagai salah satu stakeholder menyambut baik adanya Mobil Laboratorium ini. "Kami sangat senang dan berterimakasih dengan adanya mobil laboratorium ini, keberadaannya diharapkan dapat membantu secara cepat dalam melakukan analisis air dan udara termasuk pencemaran di tanah yang terjadi di Kutai Kartanegara maupun di Kalimantan Timur.” Ungkap Alfian.

Alfian juga menyatakan siap mendukung operasionalisasi Mobil Laboratorium ini. “Dinas Lingkungan Hidup Kuta Kartanegara siap membantu baik dari segi sumberdaya manusia (SDM) maupun fasilitas yang mendukung optimalisasi mobil laboratorium ini.” tambah Alfian Noor.

Kegiatan In House Training yang dilaksanakan di laboratorium Balitek KSDA menhadirkan narasumber yang berasal dari P3KLL Serpong, yaitu Fungsional Pedal Muda, Ricky Nelson dan Staf Subbid Pengelolaan Laboratorium Rujukan, Herlambang Fajar R. Selain memberikan training bagi peneliti dan teknisi litkayasa Balitek KSDA, mereka juga melakukan pengecekan alat-alat di Mobil Laboratorium.

Sebagai Informasi, Mobil Laboratorium ini diserahkan kepada 5 wilayah yaitu P3E Sumatera, DLHP Sumatera Selatan, DLHK Banten, DLH Jawa Timur dan Balitek KSDA. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut operasionalisasi Mobil Laboratorium P3KLL Serpong. Sebelumnya Mobil Laboratorium ini diserahkan oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Dr. Agus Justianto didampingi Kepala P3KLL Ir. Herman Hermawan, M.M kepada Balitek KSDA yang dihadiri Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir di Jakarta pada 23 Desember 2019 yang lalu.

Mobil laboratorium ini merupakan salah satu kiprah P3KLL Serpong di bawah Badan Litbang dan Inovasi LHK dalam mendukung pengelolaan lingkungan hidup di seluruh Indonesia. Sedangkan mobil laboratorium yang ada di Balitek KSDA ini diharapkan dapat mendukung pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur terutama didalam merespon secara cepat terhadap pengaduan lingkungan hidup, pengendalian pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan, dan pembinaan dan pengawasan izin lingkungan dan PPLH.