Dientry oleh Risda Hutagalung - 02 December, 2019 - 79 klik
Mahasiswa Biologi UIN SU Kembali Kuliah Lapangan di BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, November 2019) _Program Studi (Prodi) Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan kembali melakukan kuliah lapangan di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, 28 - 30 November 2019 ini diikuti oleh 128 orang mahasiswa semester 5, serta didampingi 6 orang asisten laboratorium dan 14 orang dosen. 

Kedatangan rombongan dari UIN SU diterima oleh Ketua KPN Sylva, Ir. Komala, sebagai pengelola Wisata Ilmiah BP2LHK Aek Nauli. “Selamat datang di BP2LHK Aek Nauli, selamat menerima ilmu yang diberikan,” tutur Komala dalam sambutannya. Lebih lanjut Komala juga menghimbau peserta kuliah lapangan untuk selalu menjaga ketertiban, kebersihan, dan kealamian hutan. 

Indayana Febriani Tanjung, M.Pd, salah seorang dosen yang mendampingi menyampaikan bahwa tujuan dari kuliah lapangan ini adalah untuk mempraktikkan teori yang dipelajari secara lebih luas. 

“Kami mengharapkan agar mahasiswa/i tidak hanya mengetahui praktik dalam skala kecil, tetapi lebih luas. Arboretum Aek Nauli merupakan hutan yang kondisinya alami sehingga lebih nyata untuk melakukan analisis dari metode-metode yang akan digunakan” kata Indayana. “Ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya, dan kuliah lapangan tahun-tahun berikutnya rencananya juga akan tetap dilakukan di sini,” tambahnya. 

Pada hari pertama peserta diberikan materi tentang edukasi budidaya lebah madu yang disampaikan oleh tenaga teknis perlebahan BP2LHK Aek Nauli, Eko Febryanto dan Edi Kuato. Materi yang disampaikan antara lain mengenai kasta pada lebah, cara memerangkap lebah di glodok, memindahkan koloni lebah dari glodok ke kotak pemeliharaan lebah, hingga cara memanen madu dari sarang lebah. 

Selain tentang budidaya lebah madu, pada hari berikutnya mahasiswa/i masuk ke kawasan hutan untuk melakukan analisis vegetasi, feed light trap, keanekaragaman serangga, dan kelimpahan serangga, yang didampingi oleh tenaga teknis KHDTK Aek Nauli. Kegiatan tersebut merupakan praktik dari mata kuliah Ekologi Hewan dan Ekologi Tumbuhan. 

Banyak kesan yang didapatkan oleh peserta saat kuliah lapangan ini. Noval Nasution, salah seorang mahasiswa menyampaikan rasa senang dan antusiasnya. “Aek Nauli udaranya fresh dan suasana sejuk, jadi tetap semangat meskipun harus lelah ke lapangan” ujarnya yang baru pertama kali berkunjung. 

Senada dengan Noval, mahasiswi semester 7 yang merupakan asisten laboratorium, Jumiah, juga menyampaikan bahwa dia tidak merasa bosan berkunjung ke BP2LHK Aek Nauli. 

“Tahun lalu saya juga ikut kuliah lapangan di sini, tapi walaupun sudah dua kali, saya tetap suka dan menikmati” ujar Jumiah. “Yang penting harus enjoy dan ke hutannya jangan terlalu banyak bawa barang agar tidak  mudah lelah” pungkasnya.***NNN