Dientry oleh Risda Hutagalung - 02 December, 2019 - 38 klik
Peringati HMPI, Balitek DAS Ajak Delegasi Fiji dan Timor Leste Menanam

Balitek DAS (Solo, November 2019) _Hari kedua program magang delegasi Republik Kepulauan Fiji dan Republik Demokratik Timor Leste di Balai Litbang Teknologi DAS (Balitek DAS) bertepatan dengan Perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November. Memperingatinya, para delegasi beserta rombongan dari Biro Kerja Sama Luar Negeri (KLN)-KLHK, dan Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Solo diajak menanam pohon di kawasan kantor Balitek DAS yang ada di Jumantono, Karanganyar. 

Dengan semangat para peserta turun ke lokasi untuk menanam. Adapun jenis tanaman yang ditanaman, mayoritas adalah jenis buah-buahan seperti sawo kecik, kelengkeng, jambu madu deli, rambutan binjai, dan jeruk siem.

"Kami sangat senang ikut menanam pohon di sini. Saya harap nanti tiap bulan kami dikasih laporan pertumbuhan pohon yang kami tanam," kata Mr. Jale Tauraga, delegasi dari Republik Kepulauan Fiji.

Sebelum menanam, dalam sambutannya, Kepala Balitek DAS Solo, Ir. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si mengatakan lokasi ini merupakan lokasi kantor Balitek DAS yang telah diubah menjadi laboratorium hidrologi dan tanah.

“Di lokasi ini, kami telah melakukan kegiatan bersama antara Balitek DAS dengan BPDASHL Solo, yaitu pembuatan persemaian permanen. Nanti akan kami ajak untuk melihat kegiatan serta apa yang telah dihasilkan," kata Gunawan. 

Gunawan menyatakan bahwa proses penanaman pohon sangat bermanfaat untuk konservasi tanah dan air. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh manusia pada zaman sekarang tetapi bisa sampai anak cucu. Dengan adanya penanaman pohon maka kelestarian air dan ekosistem akan terjaga.

"Saya ingin mengajak saudara-saudara untuk menjaga alam ini dengan menanam pohon. Hari ini bertepatan dengan hari menanam pohon Indonesia. Kami sudah sediakan lubang dan tanamannya, mari kita tanam dan tanam. Semoga kegiatan ini akan membudayakan di darah kita semua," tegas Gunawan.

kegiatan dilanjutkan dengan melihat persemaian permanen yang dikelola oleh BPDASHL Solo. Dalam persemaian ini telah menghasilkan bibit kurang lebih 1.4 milyar yang terbagi atas tanaman kayu, buah-buahan, pantai, penghijauan, pelestari sumber mata air, penghasil minyak atsiri, dan lain-lain. Bibit dihasilkan secara vegetatif dan generatif. Persemaian ini menyediakan bibit gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Acara dilanjutkan dengan melihat Monumen Tanah Kritis (MKT) yang dikelola oleh BPDASHL Solo. Lokasinya diluar Kantor Balitek DAS tetapi tidak jauh atau sekitar 1 Km. Monumen ini dijadikan sebagai wisata edukasi untuk menjadikan peringatan kepada masyarakat luas bahwa lokasi disekitar MKT dahulu kondisi  lahannya sangat kritis. Apabila suatu lahan tidak segera dilakukan konservasi maka akan menjadi kritis seperti lahan yang ada di MKT ini.***

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax. 0271 – 716959