Dientry oleh Risda Hutagalung - 18 November, 2019 - 75 klik
Akan Diajukan ke INSINAS, Naskah PKS Balitek DAS dengan LAPAN dan BMKG Ditelaah Biro Hukum KLHK

Balitek DAS (Solo, November 2019) _Dalam waktu dekat, Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo akan mengajukan proposal ke INSINAS terkait Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA)-LAPAN, Pusat Pemanfaatan Pengindaeraan Jauh (Pusfatja) - LAPAN, dan Pusat Penelitian, dan Pengembangan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (P3MKG) – BMKG. Terkait itu, diadakan pembahasan untuk menelaah 3 naskah PKS tersebut di Kantor Balitek DAS Solo, Kamis (14/11/2019).

Tidak hanya internal Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, penelaahan ini juga melibatkan Biro Hukum KLHK untuk asistensi. Memfasilitasi pembahasan ini, Bayu Subekti, SIP., M.Hum., Kepala Sub Bagian Hukum dan Ortala, Sekretariat BLI menyatakan bahwa Kepala BLI sangat mendukung adanya proses kerja sama karena kerja sama bisa mengisi gap yang terjadi di BLI. Oleh karena itu, segala upaya akan dilakukan untuk mendukung unit pelaksana teknis (UPT) dalam proses kerja sama.

"Salah satunya adalah proses percepatan naskah PKS seperti yang kita laksanakan hari ini di sini. Ada 3 draft naskah PKS dari Balitek DAS Solo yang perlu dicermati bersama karena ada beberapa hal yang perlu disepakati bersama sehingga prosesnya akan bisa dipercepat," kata Bayu.

Beberapa hal yang disepakati pada pertemuan ini, diantaranya, ketiga naskah PKS tersebut tetap dibuat terpisah, tidak digabung, dengan penjelasan yang lebih detil pada setiap PKS sehingga terlihat perbedaan peranan dan tanggung jawab masing-masing pihak; Adanya perubahan narasi masing-masing PKS terutama di judul, maksud dan tujuan, ruang lingkup, serta hak dan kewajiban; dan ketiga draft naskah diharapkan selesai proses sebelum Rabu (20/11/2019) sehingga bisa masuk proses selanjutnya yaitu pengajuan proposal kerja sama.

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959