Dientry oleh Risda Hutagalung - 08 November, 2019 - 307 klik
Identifikasi Flora dan Fauna, Mahasiswa Biologi UNIMED Kuliah Lapang Lagi di Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Oktober 2019) _Untuk mengamati dan mengidentifikasi flora dan fauna yang ada di Aek Nauli, mahasiswa Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan kuliah lapangan ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli baru-baru ini.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengamati dan mengidentifikasi flora dan fauna yang ada di Aek Nauli,” kata Muhammad Rivki Rasidi, ketua panitia kuliah lapangan. “Kuliah lapangan ini merupakan praktik dari mata kuliah ekologi tumbuhan dan ekologi hewan,” lanjutnya kepada tim Aek Nauli yang menyambut kedatangan mereka. 

Senada dengan itu, Ir. Komala, selaku Ketua KPN Sylva sebagai pengelola wisata ilmiah di BP2LHK Aek Nauli berharap kegiatan kuliah lapangan ini bisa berjalan dengan baik. “Kami berharap, mahasiswa bisa memanfaatkan arboretum dan KHDTK Aek Nauli supaya mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru terkait hutan dan lingkungan,” kata Komala. 

Kuliah lapangan selama tiga hari, 25 - 27 Oktober 2019 ini diikuti 112 mahasiswa yang didampingi 22 asisten lapangan serta 4 dosen. Pada hari pertama, peserta langsung mendapatkan materi edukasi mengenai budidaya lebah madu yang disampaikan oleh Teknisi Litkayasa BP2LHK Aek Nauli, Edi Kuwato.

Secara singkat Edi menjelaskan tentang jenis lebah, teknik budidaya, fungsi glodok dan stup (kotak pemeliharaan lebah), serta cara panennya. "Glodok digunakan untuk memancing lebah. Ketika koloni lebah telah cukup banyak maka akan dipindah ke stup," jelas Edi. 

Sebagai informasi, mahasiswa Jurusan Biologi, FMIPA, Unimed ini tahun 2018 lalu juga melakukan kuliah lapangan di BP2LHK Aek Nauli. Kegiatan yang dilaksanakan selama kuliah lapangan tersebut diantaranya edukasi budidaya lebah madu, pemasangan light trap dan pengamatan serangga, analisis vegetasi, identifikasi/membuat herbarium, serta tracking ke panorama Aek Nauli.***NNN