Dientry oleh Risda Hutagalung - 25 October, 2019 - 110 klik
Dukung Prinas, P3KLL Targetkan Air Bersih di Kawasan Hutan Aek Nauli Berkualitas Kelas Satu

P3KLL (Serpong, Oktober 2019) _Sebagai bentuk dukungannya terhadap Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli sebagai salah satu lokasi Program Prioritas Nasional (PRINAS), Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) telah membangun instalasi pengelolaan air bersih di sana. Terkait itu, belum lama ini, 15-18 September 2019 lalu, P3KLL melakukan pengujian efektivitas alat filtrasi pada pilot project tersebut.

Turut mendampingi, Yessy Arina, SE, Kasubbag. Tata Usaha Balai Litbang LHK Aek Nauli menyambut baik pengujian tersebut. “Pengujian kualitas air di KHDTK Aek Nauli sangat penting untuk Balai Litbang LHK Aek Nauli, sebagai informasi dalam melakukan edukasi kepada pengguna air yang bersumber dari KHDTK Aek Nauli,” kata Yessy.

P3KLL mengirimkan dua orang penelitinya, Efadeswarni dan Muhamad Yusup Hidayat melakukan pengambilan sampel kualitas air untuk menguji efektivitas alat filtrasi yang terpasang di KHDTK Aek Nauli. Targetnya adalah tercapainya persyaratan sesuai parameter air baku kelas 1 yang mengacu pada PP 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Proses pengolahan Air Bersih di Aek Nauli ini dilakukan dengan mengalirkan air yang akan diolah melewati Filter Pasir Silika, kemudian Filter Karbon Aktif, kemudian Filter Mangan Zeolit (manganese grennsand) dan terakhir dialirkan menuju ke Cartridge Bag Filter sambil diinjeksi dengan larutan khlorin untuk proses disinfeksi (waktu kontak dengan media ±15 menit).

Air hasil penyaringan setelah Cartridge Bag Filter merupakan air olahan yang selanjutnya ditampung di tangki penampung air olahan. Setelah itu dilakukan pengecekan kualitas air sebelum didistribusikan ke pengguna.***MYH/AF