Dientry oleh Master Administrator - 17 September, 2019 - 313 klik
Rakornis BLI 2019

BLI (Cisarua, September 2019)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) tahun 2019 pada 17-19 September 2019, di Hotel Royal Safari Garden, Cisarua, Bogor. Rakornis ini akan dihadiri oleh 250 perserta yang terdiri atas unsur pimpinan unit kerja BLI, struktural, koordinator Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif (RPPI), para peneliti dan staf terkait lingkup BLI.

Mengangkat tema “Pengarusutamaan Penelitian dan Pengembangan dalam Pengambilan Keputusan Pengelolaan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan”, Rakonis ini menjadi salah satu sarana untuk penguatan perencanaan BLI untuk mendukung pencapaian Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 dan Renstra BLI 2020-2024.

Rakornis yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari ini akan dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi dan diawali dengan fase inspirasi dengan metode Pecha Kucha. Seluruh peserta Rakornis akan menyaksikan 19 satuan kerja BLI “Berbagi Inspirasi Terbaik dari Institusi Tempat Kerja” masing-masing. Fase ini akan dilanjutkan dengan fase imajinasi untuk menggali potensi kreativitas BLI, fase inovasi tentang pemikiran perubahan dan pemajuan BLI, serta fase inisiasi yang memformulasikan seluruh fase untuk membangun masa depan BLI.

Pada acara pembukaan Rakornis, akan diluncurkan aplikasi FORDA ReportLine, sebuah aplikasi penyampaian dan pemantauan dokumen pelaporan lingkup BLI. Rangkaian agenda selanjutnya adalah arahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 2020 serta materi tentang Arah Strategis Kebijakan KLHK dalam Mendukung RPJMN 2020-2024 oleh Sekretariat Jenderal KLHK dan Arah Strategis Pembangunan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Bappenas.

Dalam kegiatan ini, peserta juga akan mengikuti sosialisasi tentang Konsep dan Implementasi Reformasi Birokrasi, Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri, Sosialisasi Tata Naskah Dinas, dan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dalam Upaya Mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), serta kebijakan penganggaran 2020.

Momen Rakornis juga dimanfaatkan untuk bersama-sama melakukan penyusunan analisis beban kerja (ABK) 2020-2024, evaluasi Rencana Strategis (Renstra) BLI periode 2015-2019 dan evaluasi kinerja 2019 serta pembahasan pengendalian risiko maturitas lingkup BLI.

Rangkaian Rakornis ini akan diakhiri dengan penyerahan draf Rencana Kerja dan RKA K/L BLI 2020 oleh Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi kepada seluruh kepala unit kerja BLI serta pembacaan rumusan Rakornis.*(DP)

Agenda Rakornis unduh di sini.