FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2021


Berita Kehutanan

17 Juni 2021
KLHK Susun Strategi Nasional Pemulihan Lahan Terkontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3

Pengelolaan lahan terkontaminasi Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang terus intensif dilakukan setiap tahunnya, tidak terlepas dari peran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian / Lembaga terkait lainnya. Untuk itu, diperlukan suatu koordinasi antara stakeholder terkait dalam rangka pelaksanaan pemulihan kontaminasi dan tanggap darurat Limbah B3.

Siaran Pers

17 Juni 2021
Gakkum KLHK Amankan Truk Bermuatan Hasil Tambang Ilegal dari Kawasan TN Lore Lindu

Nomor: SP.189/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Tim Operasi Peredaran Hasil Hutan Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi bersama Ditreskrimsus Polda Sulteng berhasil mengamankan satu unit truk bermuatan material tambang illegal, yang diduga berasal dari kawasan konservasi Taman Nasional Lore Lindu di Desa Oloboju Kec. Sigi Biromaru Kab. Sigi Prov. Sulawesi Tengah (15/6).

Berita Litbang

16 Juni 2021
Nilai Tambah Limbah Pengolahan Nyamplung

Selain sebagai penghasil bioenergi, tanaman nyamplung ternyata memiliki beragam manfaat lainnya. Bahkan limbah pengolahan minyaknya ternyata sangat potensial untuk dimanfaatkan dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP dalam buku “Kumpulan Pemikiran 17 Profesor Riset untuk Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan” mengatakan, limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan biofuel nyamplung cukup banyak dan hampir semua limbah dapat dimanfaatkan, sehingga dapat meningkatk

Siaran Pers

16 Juni 2021
Kesiapan Green Economy Daerah dengan Green Leadership

Nomor: SP. 186/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup, KLHK memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020, kepada para gubernur, bupati, walikota, dan pimpinan DPRD tingkat provinsi/kabupaten/kota, secara daring dan luring, di Jakarta, Selasa (15/6).

Berita Kehutanan

16 Juni 2021
Pengembalian Kakatua Koki ke Habitat Alaminya di Maluku

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengembalikan 23 individu satwa dilindungi burung kakatua koki (Cacatua galerita eleonora) kepada Balai KSDA Maluku untuk dilepasliarkan ke habitat alaminya di Maluku, pada Selasa (15/06). Keseluruhan satwa ini diperoleh dari penyerahan masyarakat di wilayah Jawa Tengah. Proses penanganan dan pengembalian satwa tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan parapihak yaitu: PT Angkasa Pura I Bandara Eltari Kupang, Balai Karanti

Berita Kehutanan

15 Juni 2021
Produk Kenari Pulau Makian untuk Kesejahteraan Rakyat dan Kelestarian Hutan

Produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) memberikan kontribusi sangat besar bagi perekonomian negara sektor kehutanan. Salah satu produk unggulan HHBK dari Provinsi Maluku Utara adalah kacang kenari yang terkenal berasal dari Pulau Makian, Halmahera Selatan, yang mampu menembus pasar hingga Finlandia dan Italia.

Siaran Pers

15 Juni 2021
Kelompok Binaan Balai TANAGUPA Mendapat Kesepakatan Kerja Pembuatan 35.000 Ecopolybag

Nomor: SP. 184/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Tiga ketua kelompok kemitraan konservasi binaan Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) melakukan penandatanganan kesepakatan kerja/kontrak kerja pembuatan ecopolybag dari bambu dengan Yayasan Asri. Ketiga kelompok tersebut yaitu Kelompok Sinar Baru, Kelompok Lubuk Tapah, dan Kelompok Kayek Melayet Besame. Penandatanganan dilakukan di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sukadana Kabupaten Kayong Utara, Jumat (11/6). Adapun besaran nilai k

Siaran Pers

14 Juni 2021
Tinjau Persemaian Modern Toba, Menteri LHK Harap Upaya RHL Tingkatkan Kualitas Lingkungan Danau Toba

Nomor: SP.185/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Presiden Joko Widodo pada beberapa waktu yang lalu, menginstruksikan untuk melakukan upaya Rehabilitasi Hutan dan Lahan secara besar-besaran untuk menangani degredasi lingkungan dan bencana. Menindaklanjuti instruksi tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tengah membangun sejumlah persemaian modern di beberapa wilayah di Indonesia yang dapat memproduksi bibit dalam skala besar.

Berita Kehutanan

14 Juni 2021
Bayi Orangutan Lahir di GL Zoo Yogyakarta

Satu individu orangutan lahir di Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta. Bayi Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) ini lahir pada tanggal 4 Juni 2021 dini hari dengan berat badan 1,57 Kg. Kelahiran bayi orangutan ini menambah koleksi satwa yang ada di GL Zoo.

Berita Kehutanan

12 Juni 2021
Badak Jawa Lahir di TN Ujung Kulon, Elang Jawa Lahir di TMII

Dua anak badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) kembali terlihat pada kamera video trap di wilayah Semenanjung Ujung Kulon, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mulai bulan Maret 2021. Ini merupakan temuan kelahiran pertama anak badak Jawa di tahun 2021. Masih adanya kelahiran anak badak Jawa di TNUK, menunjukkan keberhasilan kebijakan full protection terhadap seluruh habitat badak Jawa di TNUK yang berkembangbiak dengan baik secara alami.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry