FLASH MESSAGE

  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2018 – Read More
  • Perjanjian Kinerja BLI Tahun 2018 – Read More
  • Perjanjian Kinerja BLI 2017 – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Fokus Litbang

18 Februari 2020
Terindeks Scopus, IJFR Makin Bereputasi

BLI (Bogor, Februari 2020)_Indonesian Journal of Forestry Research (IJFR), jurnal ilmiah Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sejak 4 Februari 2020 secara resmi telah terindeks Scopus. Hal ini mengukuhkan posisi IJFR sebagai jurnal ilmiah terindeks global bereputasi tinggi, setelah pada 2017 lalu dinyatakan sebagai Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Berita Litbang

18 Februari 2020
Inovasi Mikoriza Dukung Restorasi Gambut Berkelanjutan

P3H (Bogor, Februari 2020) _Salah satu kontribusi nyata dukungannya dalam pengelolaan gambut berkelanjutan, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbanghutan), telah melakukan penelitian rehabilitasi ramin, dan inovasi pemanfaatan mikoriza sebagai media tanam bibit untuk lahan gambut.

Berita Litbang

18 Februari 2020
Rumah Tungku Arang: Peluang Wisata Ilmiah Baru di Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Februari 2020) _Sebagai rangkaian dari peresmian Rumah Singgah Peduli Kanker di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli pada akhir Desember 2019 lalu, telah dibangun juga rumah tungku arang yang berfungsi untuk memproduksi berbagai produk yang menunjang pengelolaan Rumah Singgah Peduli Kanker tersebut.

Berita Litbang

17 Februari 2020
BEKANTAN Akhir Tahun Ajak Pembaca Peduli Lingkungan Hidup Sekitar Kita

BP2LHK Banjarbaru _Kembali menyapa pembacanya di edisi akhir tahun, BEKANTAN (Berita Kehutanan Kalimantan) Volume 7 No. 1 Tahun 2019 mengangkat tema “Lingkungan Hidup di Sekitar Kita”. Tema ini sengaja diangkat untuk mengingatkan kembali bahwa kepedulian manusia akan kelestarian lingkungan hidup mutlak adanya.

Berita Litbang

14 Februari 2020
Hari Lahan Basah Sedunia, Momentum Sosialisasi Pentingnya Lahan Basah bagi Kehidupan

Balitek DAS (Solo, Februari 2020) _"Kita harus berperan serta dalam menjaga lahan basah. Ini menjadi bagian dari kita. Momentum peringatan Hari Lahan Basah Sedunia (HLBS) ini menjadi momen penting dan kesempatan kita untuk berpartisipasi dalam mensosialisasikan pentingnya lahan basah bagi kehidupan," kata Ir. Gunawan Hadi Rahmanto., M,Si., Kepala Balitek DAS saat diskusi di sela-sela menuju lokasi Peringatan HLBS di Taman Kehati Aqua Klaten, Desa Pongok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, K

Berita Litbang

14 Februari 2020
Apresiasi Hasil Litbang, Gubernur Jateng Minta Penanaman Pohon Digalakkan Lewat Film Pendek

Balitek DAS (Solo, Februari 2020) _Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi buku informasi 15 jenis tanaman pelindung mata air, salah satu hasil litbang Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo. Untuk mendukung program Penggalakan Penanaman Pohon, Gubernur Ganjar menantang Balitek DAS mensosialisasikan hasil litbang tersebut dalam bentuk film pendek.

Berita Litbang

13 Februari 2020
Menuju Restorasi di Daerah Asalnya, 400 Tunas Cendana Klon Unggul B2P2BPTH Diaklimatisasi

B2P2BPTH (Yogyakarta, 2020) _Senin (27/1/2020) lalu menjadi salah satu hari tersibuk di Laboratorium Kultur Jaringan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta. Pada hari itu, kegiatan penelitian aklimatisasi dengan teknik microcutting dilakukan tim peneliti cendana bersama teknisi lab. Tidak tanggung-tanggung, 400 tunas cendana hasil perbanyakan invitro dari klon unggulan yang ditujukan untuk membangun kebun benih klon di Nusa Tenggara Timur (NTT), daerah

Berita Litbang

12 Februari 2020
Percepat RHL, Menteri LHK Minta Laboratorium DAS dan Persemaian Permanen Terintegrasi

Balitek DAS (Solo, Februari 2020) _Untuk mempercepat proses rehabilitasi hutan dan lahan berbasis penelitian dan pengembangan di DAS Solo, dalam arahannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar meminta agar integrasi antara laboratorium Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) dengan Persemaian Permanen yang dikelola oleh Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Solo segera ditingkatkan.

Berita Litbang

12 Februari 2020
Menuju Kelas Dunia Tahun 2024, Arboretum Aek Nauli Akan Lalui Empat Tahapan

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Februari 2020) _Tahun 2024, Arboretum Aek Nauli ditargetkan menjadi arboretum berkelas dunia. Untuk itu, menurut pengelolanya, ada empat tahapan yang akan dilalui, yaitu dikenal; diterima; disukai; baru kemudian dipercaya. Masing-masing tahapan tersebut punya metode yang harus dilaksanakan dan juga indikator kunci yang harus di tetapkan sejak tahun 2020 hingga tahun 2024.

Berita Litbang

11 Februari 2020
Proses Seleksi Malapari untuk Restorasi Lahan Terdegradasi Berbasis Bioenergi

B2P2BPTH (Yogyakarta, Februari 2020) _Januari lalu tim peneliti Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) sempat mendokumentasikan kegiatan seleksi bibit malapari di persemaian. Hasil seleksi ini digunakan untuk penanaman restorasi lahan terdegradasi lahan bekas tambang batubara dan lahan marginal lainnya berbasis tanaman bioenergi pertengahan Januari lalu di KHDTK Wonogiri.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry