FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Siaran Pers

31 Desember 2020
FAO Apresiasi Kemajuan Perhutanan Indonesia, Rekomendasikan SoIFO 2020

Nomor: SP. 518/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO) yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengapresiasi kemajuan perhutanan Indonesia 2020. Hal ini disampaikan secara komprehensif oleh Richard Trenchard, FAO Representative ad interim for Indonesia.

Fokus Litbang

30 Desember 2020
BLI Luncurkan Buku Vademecum Kehutanan Indonesia 2020

[FORDA]_Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) KLHK meluncurkan Buku Vademecum Kehutanan Indonesia 2020, di Jakarta, Rabu (30/12). Peluncuran dilakukan oleh Kepala BLI, Dr. Agus Justianto, dalam acara refleksi akhir tahun KLHK bertajuk “SOIFO 2020, HINTS LHK dan SEEK 2021”, yang dihadiri oleh Menteri LHK, Wakil Menteri LHK dan seluruh jajaran pejabat tinggi KLHK, serta diikuti secara virtual oleh berbagai elemen LHK di seluruh penjuru Indonesia.

Berita Litbang

30 Desember 2020
Uji Tingkat Kebisingan Lokasi Forest Healing di KHDTK Aek Nauli

Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli berpotensi dalam pengembangan konsep Forest Healing. Hasil evaluasi awal ujicoba forest healing di sana, kegiatan berjalan di hutan dapat menurunkan hormon kortisol yang merupakan hasil kimiawi dari stres pada tubuh. Selain suasana hutan yang alami, salah satu faktor yang diduga berpengaruh bagi kesehatan adalah tingkat kebisingan.

Berita Kehutanan

30 Desember 2020
Refleksi 2020, Pemantapan Nilai Gotong-Royong dan Sasaran Nasional Ekonomi Hutan Sosial

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan refleksi kinerja KLHK selama tahun 2020, dan persiapan langkah-langkah sektor LHK tahun 2021, pada acara Refleksi 2020: SOIFO 2020, HINTS dan SEEK 2021, Rabu (30/12) di Jakarta. Dalam acara yang berlangsung hybrid, secara luring dan daring, Menteri Siti menjelaskan, tahun 2020 menjadi momen untuk pemantapan nilai-nilai dan prinsip-prinsip kerja KLHK, pemantapan sasaran nasional, serta pemulihan.

Berita Litbang

30 Desember 2020
Inovasi Pellet Benih dari Limbah Serasah untuk Mendukung Program RHL

Pembuatan pellet benih dari limbah atau biomassa serasah yang terdapat di sekitar arboretum kantor yang luasnya mencapai 9 Ha, merupakan salah satu upaya yang dilakukan BP2TSTH Kuok dalam meningkatkan keberhasilan program rehabilitasi lahan dan hutan. Pellet benih dapat menyediakan kebutuhan kelembaban/air dan hara pada fase awal proses perkecambahan hingga tumbuh berkembang di lapangan.

Berita Litbang

30 Desember 2020
Kolaborasi Pengembangan Taman Wisata Kera Aek Nauli, Wisata Alternatif di Danau Toba

Mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berkomitmen mengembangkan berbagai potensi di sekitar Danau Toba sebagai lokasi wisata alternatif. Salah satunya dengan menggandeng PT. Toba Pulp Lestari (TPL) pengembangan sarana prasarana Taman Wisata Kera yang dikelola oleh Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli.

Siaran Pers

29 Desember 2020
Terima Resident Representative UNDP Indonesia, Menteri LHK: 2021 Tahun Kerja Nyata Substansial Ekspansif

Nomor: SP.516/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menerima audiensi Resident Representative United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, Mr. Norimasa Shimomura di ruang terbuka Arboretum Lukito Daryadi (29/12/2020). Menteri Siti saat mengawali pertemuan, mengucapkan selamat atas penunjukan Mr. Shimomura menjadi Resident Representative yang baru untuk UNDP Indonesia.

Berita Litbang

29 Desember 2020
Pemetaan Arboretum Aek Nauli Menuju Kelas Dunia

Dalam pengelolaan arboretum tahun 2020 ini, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli fokus pada kegiatan pemetaan dan pendataan tegakan, serta pengembangan data dan informasi vegetasi arboretum. Penerapan teknologi informasi menjadi langkah BP2LHK Aek Nauli dalam berinovasi untuk mencapai target Arboretum Aek Nauli yang berkelas dunia.

Berita Litbang

29 Desember 2020
Bikin Sendiri Fungisida Nabati

Fungisida nabati merupakan racun atau senyawa dari alam yang digunakan untuk mengendalikan jamur. Dengan bahan dasar nabati, fungisida ini relatif aman bagi lingkungan, tidak mencemari lingkungan, mudah terurai sehingga tidak menimbulkan residu berlebihan. Selain beberapa nilai positif tersebut, fungisida nabati menggunakan bahan dasar yang mudah ditemukan, proses pembuatannya pun mudah dengan biaya yang murah.

Berita Litbang

28 Desember 2020
Pentingnya Indonesia Memiliki Bank Benih Kelas Dunia

Seed vault (bank benih) merupakan ruang penyimpanan benih (sumber daya genetik tanaman) yang berharga di masa depan terutama untuk obat-obatan, pengetahuan, pengembangan produktivitas benih, dalam menghadapi kondisi abnormal (perubahan iklim, bencana global, kepunahan, perang dan ledakan nuklir). Beberapa ahli menyebut bank benih dibangun untuk mengatasi kerentanan pasokan makanan terhadap patogen yang tidak terkendali oleh agrokimia, atau mencegah musnahnya secara permanen sifat genetik yang be

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry