FLASH MESSAGE

  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2018 – Read More
  • Perjanjian Kinerja BLI Tahun 2018 – Read More
  • Perjanjian Kinerja BLI 2017 – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More

Arsip Berita Tahun 2019


Berita Litbang

31 Desember 2019
In House Training Pengoperasionalan Peralatan Mobil Laboratorium

BLI (Samboja, Desember 2019)_Dalam rangka mendukung operasionalisasi Mobil Laboratorium yang telah dikirimkan oleh Pusat Litbang Kualitas Laboratorium dan Lingkungan (P3KLL), Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumberdaya Alam (Balitek KSDA) Samboja mengadakan In House Training Pengoperasian Peralatan Mobil Laboratorium di laboratorium Balitek KSDA, 26/12.

Berita Litbang

30 Desember 2019
Dukungan BLI terhadap Early Warning System Bencana Lingkungan Kalimantan Timur

Balitek KSDA (Jakarta, Desember 2019)_Dalam rangka mendukung Early Warning System pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) melalui Pusat Litbang Kualitas, Laboratorium dan Lingkungan (P3KLL) menyerahkan mobil laboratorium ke unit kerja BLI yang berlokasi di Kalimantan Timur. Unit kerja BLI yang menerima mobil laboratorium tersebut adalah Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumberdaya ALam (Balitek KSDA) Samboja.

Fokus Litbang

27 Desember 2019
Menteri LHK Apresiasi Herbarium Wanariset Samboja

Balitek KSDA (Samboja, Desember 2019). “Herbarium ini adalah aset yang sangat berharga bagi kepentingan nasional. Tidak hanya sebagai aset kehutanan saja (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)", demikian disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, ketika mengunjungi Herbarium Wanariset, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumberdaya Alam (Balitek KSDA) di Samboja, Kalimantan Timur, 17/12.

Fokus Litbang

27 Desember 2019
Merentas Jalan Wisata Ilmiah Fosil Kayu Gorontalo

BLI (Gorontalo, Desember 2019)_Gorontalo, provinsi yang terkenal akan keindahan danau Limboto-nya, serta eksotisme deretan pegunungan karst sepanjang garis pantai di Teluk Tomini, ternyata menyimpan potensi wisata ilmiah yang terpendam, yakni fosil kayu. Penelitian paleobotani yang dilakukan P3HH-BLI pada 2017 lalu di Gorontalo, menemukan beberapa fosil kayu. Fosil tersebut masih dalam proses identifikasi dan diperkirakan berumur jutaan tahun yang lalu (antara masa Pliosen dan Plistosen).

Berita Litbang

27 Desember 2019
Purun, Bahan Alternatif Sedotan Ramah Lingkungan

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, Desember 2019) _Belum lama ini, Kamis (7/11/2019), peneliti Balai Litbang LHK Banjarbaru, Marinus K Harun, M.Sc berbagi pengetahuan kepada ibu-ibu PKK dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Tumbang Nusa tentang penggunaan purun sebagai bahan alternatif sedotan ramah lingkungan atau eco-straws. Pelatihan yang diikuti 35 orang peserta dan dilakukan di Balai Desa Tumbang Nusa, Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah ini diharapkan dap

Berita Litbang

26 Desember 2019
Berpartisipasi di Lokakarya Nasional ke-2 SLADI 2019, Peneliti BP2LHK Banjarbaru Beri Masukan

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, Desember 2019) _Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru, Dr. Dony Rachmanadi berpartisasi aktif dalam acara Lokakarya Konsultasi Nasional ke-2 Sustainable Lowland Agriculture for Development in Indonesia (SLADI) 2019. Sebagai salah satu partisipan diskusi yang diundang dalam acara ini, dalam sesi diskusi Dr. Dony menjelaskan tentang kondisi lowland yang ada di Kalimantan dan memberi beberapa masukan.

Fokus Litbang

24 Desember 2019
Quick Response Isu Pencemaran Lingkungan, BLI-KLHK Luncurkan Mobil Laboratorium

BLI (Jakarta, Desember 2019)_Dalam rangka mendukung aksi cepat tanggap (quick response) isu pencemaran lingkungan, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan Mobil Laboratorium. Peluncuran dilakukan oleh. Kepala BLI, Dr. Agus Justianto, mewakili Menteri LHK, di Lapangan Plaza Manggala Wanabakti, Jakarta (23/12).

Berita Litbang

24 Desember 2019
Peluncuran Mobil Laboratorium untuk Kualitas Lingkungan Hidup yang Lebih Baik

P3KLL (Jakarta, Desember 2019) _Puslitbang Kualitas dan laboratorium Lingkungan (P3KLL) Badan Litbang Inovasi (BLI) KLHK melaksanakan Peluncuran Mobil Laboratorium dalam rangka mendukung Early Warning System Bencana Lingkungan, Senin (23/12/2019) di Manggala Wanabakti, Jakarta.

Berita Litbang

23 Desember 2019
Science Techno Park, Sebuah Rekomendasi untuk Muara Penelitian BP2TPTH

BP2TPTH (Bogor, Desember 2019)_ Badan Litbang dan Inovasi (BLI) banyak menghasilkan karya melalui hasil riset dan inovasi, hal ini terlihat dari banyaknya unit kerja BLI yang menerima penghargaan sebagai lembaga litbang Pusat Unggulan Iptek (PUI). Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH), sebagai salah satu Unit Kerja BLI penerima PUI, direkomendasikan menjadi muara riset dalam pembentukan Science Techno Park.

Berita Litbang

23 Desember 2019
Dukung RHL DTA Danau Toba, BLI Jalin Kerja Sama dengan PT Inhutani IV

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Desember 2019)_Salah satu wilayah dengan areal lahan kritis yang cukup luas di Sumatera Utara berada di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba, Luasannya mencapai 116.424 hektar ha. Luasnya Areal di DTA Danau Toba yang berada pada elevasi di atas 900 mdpl tersebut cocok untuk ditanami Macadamia integrifolia yang merupakan tanaman evergreen, yaitu tahan kebakaran dan juga penghasil buah yang bernilai ekonomis tinggi, sehingga kemudian membuat M. integrifolia dicanangka

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry