Lagi, 8 Iptek BLI Disusun Jadi Bahan Ajar dan Materi Penyuluhan

👤Rizda 🕔 11:23 am, 28. April 2017

FORDA (Bogor, 27/04/2017)_Setelah menargetkan 8 draft bahan ajar dan materi penyuluhan tahun 2015 lalu, Rabu – Kamis, 26-27 April 2017, Forum Komunikasi Peneliti, Widyaiswara, Penyuluh Kehutanan dan Guru SMK Kehutanan (FKPWPG) kembali menyusun delapan Iptek Badan Litbang dan Inovasi (BLI) menjadi bahan ajar dan materi penyuluhan.   

8 Iptek tersebut, yaitu jenis pohon unggul (sengon anti karat furu), IAS (invasif Alien Spesies), bioethanol dari aren, produk arang terpadu (cuka kayu), bambu lamina, madu dan produk turunan (propolis), dan Iptek agroforestry di lahan gambut, serta revegetasi lahan bekas tambang batubara.

Diskusi kelompok untuk menyusun bahan ajar dan materi penyuluhan dilakukan secara paralel setelah pemaparan materi Iptek oleh masing-masing penelitinya. Pertemuan di Pusdiklat SDM LHK Bogor yang diikuti para pihak ini diakhiri dengan perumusan hasil rapat oleh perwakilan kelompok.

Dalam sambutannya, Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) mengapresiasi FKPWPG ini dan menyatakan siap berkontribusi menyampaikan Iptek hasil penelitian kepada widyaiswara, penyuluh dan guru SMKK.

“Forum ini strategis jadi wadah untuk mengkomunikasikan apa-apa saja yang sudah dihasilkan oleh para peneliti untuk disampaikan kepada masyarakat,” kata Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si, Sekretaris BLI.

Menurut Sylvana, banyak sekali iptek yang dihasilkan BLI yang harus segera dipublikasikan dan disampaikan kepada pengguna.

Sylvana memaparkan beberapa capaian BLI yang bersumber dari Buku 150 Inovasi BLI, yang dikelompokkan dalam pengelolaan hutan rawa gambut; hutan kota; bioteknologi dan pemuliaan tanaman hutan; bioenergi dan HHBK.

“Oleh karena itu, saya berharap, forum ini berjalan dengan lancar dan memberi manfaat bagi semua,” kata Sylvana yang siap bekerjasama dengan stakeholders untuk penerapan hasil-hasil Iptek ke depan.***RH

 

Baca artikel terkait:

Workshop FKPWPG 2015 Targetkan 8 Draft Bahan Ajar dan Materi Penyuluhan

FKPWP Jembatani Diseminasi Hasil Riset Badan Litbang kepada Pengguna

Pentingnya FKPWP dalam Mendukung Kebutuhan Penelitian dan Materi Penyuluhan bagi Masyarakat

Pengukuhan Forum Komunikasi Peneliti, Widyaiswara dan Penyuluh Kehutanan Provinsi Sumatera Utara (FKPWP Provsu)