Seminar Internal BP2TPTH, Wadah Komunikasi Hasil Riset

👤Tuti 🕔 02:36 am, 10. March 2017

BP2TPTH (Bogor, 09/03/2017)_Dalam rangka mengkomunikasikan hasil penelitiannya ke publik, Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH) rutin melaksanakan seminar internal setiap bulan. Pada tahun ini telah dilaksanakan dua kali seminar internal, yaitu pertama pada Kamis (26/01) dan kedua pada Rabu (22/02).

“Ini adalah kegiatan presentasi ilmiah yang merupakan forum resmi BP2TPTH. Kegiatan ini juga merupakan cara  penyampaian informasi hasil-hasil penelitian kepada user (pengguna),”kata Ir. Suratmi, M.Si., Kepala BP2TPTH.

Lebih lanjut, Suratmi menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari program Badan Litbang dan Inovasi (BLI), yaitu mengintensifkan sarana transfer IPTEK kepada pengguna baik institusi/lembaga pemerintah, kalangan dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, maupun kepada masyarakat luas.

“Kegiatan ini sekaligus merupakan salah satu wujud dari bentuk pelayanan dan pertanggungjawaban kami kepada publik,”kata Suratmi.

Dalam setiap kegiatan seminar internal akan diekspose 3 (tiga) hasil penelitian BP2TPTH. Materi yang dipaparkan pada seminar internal pertama adalah: 1). Hubungan potensi produksi dan morfologi buah dengan kelas diameter pohon mahoni (Swietenia macrophylla King) oleh Kurniawati P. Putri, S.Hut; 2). Upaya peningkatan pertumbuhan bibit saga pohon (Adenanthera pavonina) dengan menggunakan mikoriza dan rhizobium oleh Ir. Rina Kurniaty; dan 3). Pengaruh bahan setek terhadap pertumbuhan setek akor  (Acacia auriculiformis A. Cunn. Ex Benth) oleh Ir. Nurmawati, M.Si.

Sedangkan materi yang dipaparkan pada seminar kedua adalah : 1). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perempuan buruh harian lepas di persemaian permanen Dramaga Bogor oleh Desmiwati, S.Sos, M.E; 2). Respon perkecambahan mimba (Azadirachta indica Linn) dengan perlakuan penutupan mulsa oleh Ir. Nurmawati Siregar, M.Si; dan 3). Uji coba perbanyakan vegetatif Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke oleh YMM Anita Nugraheni, S.Hut.

Setiap kegiatan seminar tersebut mengundang  atau dihadiri oleh pihak internal maupun pihak eksternal. Pihak internal yang hadir adalah Peneliti, Teknisi serta Pejabat BP2TPTH. Sedangkan pihak eksternal yang hadir, antara lain  Dinas Pertanian Kota Bogor, Seameo BIOTROP, KPH Bogor Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Nusa Bangsa, MIPA Universitas Pakuan, Program Keahlian Teknologi Industri Benih Program Diploma IPB, SMK Kehutanan Bakti Rimba, Rimbawan Muda Indonesia (RMI), Sajogyo Institute dan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP5K).

Diharapkan dengan kegiatan ini juga bisa memberikan masukan untuk perbaikan dan pemnyempurnaan materi-materi untuk dipublikasikan dalam jurnal. ***DSM

 

Informasi Selengkapnya:

Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan

url : http://benih-bogor.litbang.menlhk.go.id

Jl. Raya Ciheuleut Po. Box. 105, Bogor 16001, Telp. 0251 - 8327768, 8380065, Fax.  0251 - 8327768