Untuk Pengembangan Penelitian, Mahasiswa UNILA Kembali Kunjungi Kampus BLI

👤lusi 🕔 02:52 am, 25. January 2017

FORDA (Bogor, 24/01/2017)_” Untuk mendapatkan informasi tentang penelitian dan pengembangan guna meningkatkan pengetahuan, mahasiswa jurusan kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung (Unila) kembali berkunjung ke Kampus Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Gunung Batu, Bogor, Selasa (24/01). “Kedepan berharap bisa membuat MoU atau kerjasama untuk pengembangan penelitian dengan Unila.” kata Dr. Rahmat Syafei, M.Si., dosen pembimbing mahasiswa Unila.

Dikatakan Rahmat, kunjungan ke Kampus BLI kali ini merupakan kunjungan yang ke-10 dalam rangkaian kuliah lapangan kehutanan yang dilakukan mahasiswa jurusan kehutanan Unila sejak tahun 2007.

Sekretaris BLI, Dr. Sylvana Ratina, M.Si.,  menyambut baik kunjungan tersebut, dan menyatakan kesiapan BLI apabila program kunjungan ini dijadikan program rutin setiap tahunnya.

Dalam sambutannya , Sylvana mengatakan, “Menjadi mahasiswa adalah sejarah yg sangat mengesankan bagi seseorang, dimana seseorang baru mulai mengenal kehidupan . Masa-masa itu merupakan masa yang indah tanpa beban. Semoga kedatangan mahasiswa ke BLI ini dapat menjadi Benchmarking apa yang kami kerjakan di BLI." kata Sylvana dalam sambutannya.

Dengan adanya kunjungan ke Kampus Badan Litbang dan Inovasi ini, Sylvana berharap  bisa memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa, dalam membuat skripsi nantinya. Jurusan yang menjadi pusat perhatiannya, agar didalami dengan baik.  

“Manfaatkan dengan baik setiap tempat yang di kunjungi, catat dengan sebaik-baiknya, karena kadang-kadang teori itu yg kita dapatkan dibangku kuliah berbeda dengan fakta yg kita temukan dilapangan.” Jelas Sylvana.

Diakhir sambutannta, Sylvana juga berpesan agar, “Jangan lama-lama jadi mahasiswa, kuliah harus mempunyai target dan harus tepat waktu, namun jangan juga mengabaikan kualitas keilmuannya.  Semua pengalaman dan perjalanan hidup harus kita disyukuri, agar kedepan menjadi lebih baik lagi.” kata Sylvana.

Pada kesempatan tersebut,  Sylvana juga memberikan cindera mata sebagai kenang-kenangan kepada dosen pembimbing Unila berupa koleksi buku-buku publikasi hasil litbang.

Untuk memperkenalkan BLI kepada mahasiswa, masing-masing puslitbang memaparkan profilnya. Paparan materi tentang Puslitbang Hutan dibawakan oleh Ir. Hari Setijono, M.Sc., Kepala Bidang Pengembangan Data dan Tindak Lanjut Penelitian P3H, paparan materi dari Pusitbang Hasil Hutan oleh  Ir. Adang Sopandi, M.Sc., Kepala Bidang Pengembangan Data dan Tindak Lanjut Penelitian  P3HH dan paparan materi dari Puslitbang Sosekjakpi oleh Ir. Gatot Ristanto, M.Sc., Kepala Bidang Kerjasama Puslitbang Sosekjakpi.

Pada sesi diskusi yang dipandu oleh Drs. Johny Holbert, M.Sc., Kepala Bagian Program dan kerjasama Sekretariat BLI,, banyak peserta yang antusias bertanya mengenai substansi penelitian, namun karena keterbatasan waktu, maka hanya dibatasi  dengan 6 pertanyaan. Pertanyaannya antara lain tentang apakah sudah ada penelitian dan pengembangan tentang kebakaran hutan gambut di sumatera, tentang pengelolaan lahan gambut, tanaman apa yg cocok untuk dilahan gambut dan apakah ada perbedaan pemanenannya, tentang teknologi hasil hutan dan apakah bisa mahasiswa menjadi bagian dari kelompok peneliti serta  identifikasi fosil kayu.

Untuk melihat langsung fasilitas yang digunakan dalam peneltian,, rombongan diajak berkeliling mengunjungi beberapa laboratorium yang dimiliki Kampus BLI, diantaranya Laboratorium Introf CC (Indonesia Tropical Forest Culture Colection), Laboratorium Koffco, Laboratorium Herbarium Botani dan Ekologi Hutan, Laboratorium Hama dan Penyakit, Laboratorium Terpadu dan Pengeringan Kayu serta Xylarium. ***LG