Peneliti BP2LHK Banjarbaru, Penyaji Terbaik dalam Konferensi International “Emerging Trends in Academic Research” (ETAR)

👤priyo 🕔 09:42 am, 03. October 2016

BP2LHK Banjarbaru, (Banjarmasin, 30/09/16)_ “Response of Tropical Peat Swamp Forest Species Seedlings to Arbuscular Mycorrhizae Application in the  Nursery”, demikian judul makalah  dari Tri Wira Yuwati yang menjadikannya sebagai Penyaji terbaik dalam Konferensi International “Emerging Trends in Academic Research” (ETAR). Acara ini berlangsung di Hotel Golden Tulip Banjarmasin pada tanggal 26 s.d 27 September ini diikuti 12 negara.

Dalam presentasinya Tri Wira Yuwati menyampaikan bahwa untuk menanam pohon jenis klimaks perlu bantuan mikoriza, tapi sebaliknya untuk jenis pioner tidak perlu mikoriza. Hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitiannya  dimana Spora mikoriza yaitu Glomus clarum, Gigaspora decipiens dam Enthrophospora sp. dikoleksi dari hutan rawa gambut Kalimantan Tengah Indonesia. Bibit jenis rawa gambut diinokulasi dengan dan tanpa spora (kontrol) dan ditumbuhkan di persemaian selama 6 bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa Enthrophospora sp. dapat meningkatkan diameter batang Paratocarpus venenosus dan berat kering akar Palaquium sp. yang merupakan jenis klimaks.

Para peserta konferensi antusias mendengarkan paparan dari Tri Wira Yuwati, dan menanyakan beberapa hal terkait hasil penelitian tersebut. Hal ini sesuai dengan  tujuan dari kegiatan konferensi ini yaitu untuk mengangkat jurnal penelitian yang ada di Indonesia karena sampai saat ini publikasi masih sangat rendah dibanding negara tetangga yang lainnya. Jurnal penelitian dari akademisi Indonesia sampai saat ini masih belum banyak yang sampai ke Internasional, maka dari itu dengan adanya konferensi ini diharapkan bisa mengangkat nama Indonesia khususnya jurnal jurnal yang dibuat oleh akademisi Indonesia.

Sebagai peneliti dari insitusi litbang lingkungan hidup dan kehutanan, sebuah kebanggaan tersendiri dapat menyumbangkan ilmu dan hasil penelitian. Kedepan semoga semakin banyak peneliti-peneliti lainnya yang terpacu untuk menghasilkan dan memasarkan hasil penelitiannya sampai tingkat dunia. Selamat untuk Tri Wira Yuwati, Jaya BP2LHK Banjarbaru. ***FZH