Briefing Kesiapan Pembangunan PSP untuk Skema Carbon Fund Kalimantan Timur

👤Rizda 🕔 04:57 am, 12. August 2016

B2P2EHD (Samarinda, 11/8/2016)_Sebagai tindak lanjut kegiatan Pelatihan Pembuatan Plot Sample Permanen (PSP) dalam rangka kegiatan Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) - Pusat Litbang Sosial Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), dilakukan briefing pengecekan kesiapan peralatan dan kelengkapan tim pembuatan PSP. 

Briefing yang dilaksanakan di ruang Rapat Dipta Graha B2P2EHD Samarinda, Jumat (05/08) ini merupakan bentuk penyampaian informasi secara detail oleh koordinator lapangan pembuatan PSP Balai Besar Penelitian Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD). 

“Koordinator lapangan perlu mendetailkan rencana kerja untuk tim internal, dari yang umum sampai kepada hal-hal teknis yang dirasa perlu mulai dari rencana sampai ke pembiayaan,” kata Dr. Fadjar Pambudhi, Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kalimantan Timur selaku narasumber. 

Sebelum kordinator lapangan memberikan panduan secara lengkap ke tim lapangan pembuatan PSP, terlebih dahulu disampaikan beberapa informasi mengenai personil dari masing-masing tim lapangan, jadwal keberangkatan, pembiayaan kegiatan, tata cara pengambilan data, dan penyamaan format menggunakan satuan ukur yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). 

“Setelah masing-masing tim mengetahui tugas dan fungsinya, diharapkan briefing ini akan menghasilkan beberapa poin yang selanjutnya didiskusikan bersama demi keseragaman hasil pengambilan data di lapangan,” kata Nurul Silva Lestari, S.Hut., M.Env, Peneliti B2P2EHD. 

Senada dengan Dr. Fadjar, koordinator lapangan pembuatan PSP yang juga peneliti B2P2EHD, Rahimahyuni Fatmi Noor’an, S.Si., MSi mengatakan bahwa semakin detail penjelasan kegiatan briefing hari ini akan semakin memberikan hasil yang baik dalam pengumpulan data di lapangan. 

“Seluruh anggota tim akan lebih mengerti dan tentunya akan membuat hasil pengambilan dan pengukuran data menjadi lebih akurat,” kata Fatmi.***MSC