Peran Serta BP2LHK Palembang dalam Pelatihan Pembangunan Sumber Benih

👤Tuti 🕔 01:06 pm, 28. July 2016

BP2LHK Palembang (Palembang, 28/07/2016)_Dalam rangka memenuhi kebutuhan benih unggul, terutama di Sumatera, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang telah mengirimkan penelitinya, Imam Muslimin S.Hut, M.Sc., menjadi tenaga pengajar dalam kegiatan Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Pembangunan Kebun Benih Semai (KBS) dan Areal Sumber Daya Genetik (ASDG) pada tangga; 19-22 Juli 2016 di Hotel Maxone Palembang.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I Sumatera, Imam menyampaikan materi terkait “Dasar-dasar Pemuliaan Pohon serta Pengelolaan dan Pembangunan Kebun Benih Semai”.

“Keberhasilan pembangunan hutan tanaman di Indonesia tidak lepas pada tiga komponen yaitu aspek penggunaan benih unggul, aplikasi teknik silvikultur dan kegiatan perlindungan tanaman,”kata Ir. Mintardjo, MMA., Direktur Perbenihan Tanaman Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat menyampaikan arahan dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, benih unggul mempunyai peranan yang sangat signifikan terhadap peningkatan produktifitas tanaman sesuai dengan tujuan pengelolaan hutan. Sayangnya, benih unggul tanaman hutan yang mempunyai kualitas dan kuantitas genetik unggul di Indonesia sampai dengan saat ini masih sangat terbatas. Di lain pihak kebutuhan akan benih unggul dari sumber benih bersertifikat semakin meningkat sesuai dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kayu

“Pembangunan sumber benih unggul sangatlah penting dan perlu segera untuk dilakukan. Selain dari pengelolaan dan pembangunan sumber benih, aspek konservasi juga mutlak diperlukan,”kata Mintardjo.

Mintardjo menyatakan bahwa konservasi sumber daya genetik baik konservasi eksitu maupun insitu mempunyai nilai yang sangat penting dan berfungsi sebagai basis genetik (populasi dasar) dalam pengembangan program pemuliaan pohon.

Dalam pelatihan tersebut, selain pengajar dari BP2LHK Palembang juga ada pengajar lain yaitu Dr. Ir. Supriyanto, DEA, Dosen Institut Pertanian Bogor dengan materi “Aspek ASDG, KBS dan Pemuliaan” serta Dr. Sapto Indrioko, S.Hut., M.P, Dosen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tentang “Pengelolaan dan Pembangunan Areal Sumberdaya Genetik (ASDG).

Untuk mendukung teori yang telah disampaikan oleh pengajar, dilakukan praktek lapangan di plot tanaman Uji Keturunan (progeny test) Jabon (Antocephalus cadamba), Pulai darat (Alstonia angustiloba), Bambang lanang (Michelia champaca), Mahoni daun lebar (Swietenia macrophylla King) dan plot Areal Sumber Daya Genetik Gaharu (Aquilaria malaccensis), yang terdapat di Kemampo, Kabupaten Banyuasin.

Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mengerti dan memahami tahapan proses dalam pengelolaan dan pembangunan ASDG dan KBS yang nantinya dijadikan sebagai bekal dalam melakukan pembangunan KBS ataupun ASDG.

Pelatihan diikuti oleh perwakilan dari BPDASHL yang termasuk dalam wilayah kerja BPTH Wilayah I (BPDASHL Batanghari, Ketahun, Way Sekampung Seputih, Citarum Ciliwung, Citarum Citanduy, Pamali Jatrun, Serayu Opak Progo, Solo, Brantas, Barito, Kapuas, Mahakam Brau), beberapa perwakilan dari KPH (KPHL Banyuasin, Rejang Lebong, Kota Agung Utara, Pesawaran, Rajabasa, Kapuas, KPHP Merangin), Dinas Kehutanan Bungo serta BPTH Wilayah I. (***Imam).

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Palembang

url : http://bpk-palembang.litbang.dephut.go.id  atau http://www.bpk-palembang.org

Jl. Kol. H. Burlian Km. 6,5 Kotak Pos 179, Punti Kayu, Palembang, Telp. 0711 - 414864, Fax.  0711 - 414864