KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Posted by priyo 11:00 pm, 14. October 2015
Kunjungan dari SMA Negeri 5 Magelang

BBPBPTH (Yogyakarta, 13/10/2015)_Advis Teknis merupakan layanan dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) kepada masyarakat, instansi maupun juga perusahaan terkait kegiatan litbang dibidang pemuliaan tanaman hutan dan bioteknologi hutan. Salah satu layanan advis teknis yang diselenggarakan oleh BBPBPTH selain praktek kerja lapang, ijin penelitian mahasiswa, juga melayani kunjungan/studi banding.

BBPBPTH menerima kunjungan dari siswa dan siswi dari SMA Negeri 5 Magelang pada hari Selasa (13/10). Kunjungan diikuti oleh sekitar 270 siswa yang merupakan siswa kelas 10, dan didampingi oleh 14 guru pendamping. Rombongan dari SMA Negeri 5 Magelang tersebut diterima langsung oleh Kepala BBPBPTH, Dr. Ir. Mahfudz, MP.

Kunjungan diawali dengan paparan sekilas BBPBPTH yang berisi antara lain tentang fasilitas yang dimiliki, hasil penelitian dan juga program-program kegiatan penelitian yang dilaksanakan di Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Acara penerimaan kunjungan ini mengambil tempat di selasar dalam gedung kantor BBPBPTH, agar dapat menampung banyaknya jumlah siswa yang mengikuti kegiatan kunjungan ini. Setelah paparan, Kemudian dilanjutkan Games berupa kuis untuk dijawab oleh siswa peserta dan mendapatkan hadiah berupa souvenir.

Kunjungan siswa SMA Negeri 5 Magelang kali  ini fokus pada kunjungan kegiatan persemaian, Rumah kaca, Laboratorium Kultur Jaringan dan Workshop pembuatan Biodiesel dari buah Nyamplung. Sejumlah siswa dan siswi dibagi dalam kelompok-kelompok kecil sebanyak 25 orang, untuk diatur mengunjungi lab dan fasilitas lain secara bergantian.

Menurut Agus Setyo Hartanto kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada anak terutama yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu contohnya biologi, kimia, fisika, kadang kala pelajaran sejarah dan geografi. Kebetulan untuk tahun ini fokus ke mata pelajaran IPA. “Apa yang didapat di teori itu bisa mereka lihat langsung ke lapangan, tahu aplikasi dari ilmu itu tidak hanya sekedar dibuku,” lanjut guru fisika tersebut disela-sela kunjungan. 

Siswa mempunyai gambaran dan dapat mengenal lebih dekat mengenai proses atau rangkaian kegiatan di laboratorium kultur jaringan, proses aklimatisasi hasil kultur, proses pembuatan biodiesel dari material Nyampung dan juga aktivitas – aktivitas pembibitan di persemaian.

Lebih lanjut Agus mengatakan,” Tujuan lain, sekolah kami Adhiwiyata berkaitan dengan pelestarian lingkungankan yang tidak terlepas dari adanya tanaman hutan dan sebagainya. Studi ke sini kedepanya siswa kami bisa mengenal sebuah lembaga dari pemerintah yang khusus menangani tentang tanaman atau hutan, sehingga dalam diri mereka muncul untuk mencintai lingkungan paling tidak dilingkungan masing-masing mungkin menanam pohon dan sebagainya”.

“Kegiatan studi lapangan ini rutin dilakukan setahun sekali khusus untuk kelas X, karena kalau kelas XI Wisata Budaya ke Bali dan kelas XII persiapan Ujian Nasional. Kami sudah berdiskusi dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum kemungkinan untuk tahun depan akan adalagi kunjungan ke BBPBPTH,” pungkas Agus.

Menurut salah seorang siswi, Fitri Ardianti Praditya, dengan kegiatan ini siswa dapat mengetahui cara penanaman pohon, mengetahui jenis-jenis pohon, mengetahui cara-cara perbanyakan tanaman dalam hal ini perbanyakan secara vegetatif misalnya stek.***(ed)