KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

admin 11:00 pm, 01. October 2012
Program Pekerjaan Klasifikasi dan Pemetaan Biomasa untuk Pulau Kalimantan.

Puskonser (Bogor, 01/10/12)_Indonesia-Australia Forest Carbon Partnership (IAFCP) adalah Fasilitas Kemitraan Karbon Hutan Indonesia Australia yang dibiayai oleh Pemerintah Australia melalui Agensi Australia untuk Pembangunan Internasional (AusAID). 


admin 11:00 pm, 04. June 2012
Diskusi Gaharu, dari Budidaya sampai Rekayasa Produksi

FORDA (Bogor, 5 Juni 2012)_Berbagai aspek pengembangan gaharu mulai dari budidaya, dan strategi pemuliaan, teknik  menghasilkan gaharu berkualitas tinggi sampai prospek pasar dan regulasi, dibahas dalam Diskusi Ilmiah Putaran II Badan Litbang Kehutanan di Ruang Sudiarto pada Jum’at, (01/06/2012). Diskusi ilmiah ini diharapkan dapat menyajikan alur penelitian gaharu secara komprehensif, demikian harapan Sekretaris Badan Litbang Kehutanan dalam sambutan pembukaannya.


admin 11:00 pm, 04. June 2012
Diskusi Ilmiah Putaran I Tahun 2012

Proses Pembuatan dan Implementasi Kebijakan Desentralisai Pengelolaan Hutan Lindung dan Visualisasi Struktur Anatomi untuk Aplikasi Identifikasi Kayu dalam Animasi 3 Dimensi  adalah materi diskusi ilmiah tanggal 27 Pebruari 2012,  yang dilaksanakan di Perpustakaan R.I. Ardikusuma Badan Litbang Kehutanan.


admin 12:00 am, 13. February 2012
Pelatihan Mekanisme Pembayaran REDD+

Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan (PUSPIJAK) Badan Litbang Kehutanan bekerjasama dengan Australian Center for Agricultural Research (ACIAR) menyelenggarakan Pelatihan Mekanisme Pembayaran REDD+ pada tanggal 21-23 Desember 2011 di Hotel Grand USSU, Cisarua-Bogor.  


admin 12:00 am, 13. February 2012
Technology Comercialization : Practical Experience At Washinghton State University”: Diskusi Ilmiah Putaran ke III

Bertempat di ruang sudiarto, pada tanggal 8 November 2011, putaran ke tiga dari diskusi ilmiah ini mengundang executive director dari Washington State University sebagai pembicara dengan judul materi: TECHNOLOGY COMERCIALIZATION : PRACTICAL EXPERIENCE AT WASHINGHTON STATE UNIVERSITY”. 


admin 12:00 am, 13. February 2012
Menuju Good Governance di Badan Litbang Kehutanan

Good Governance adalah tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa. Terkait dengan itu, pemerintah yang bersih (clean government) dan bebas KKN. Reformasi Birokrasi merupakan perubahan signifikan elemen-elemen birokrasi, antara lain kelembagaan, sumber daya manusia aparatur, ketatalaksanaan, akuntabilitas aparatur, pengawasan, dan pelayanan publik.

Hal yang penting dalam reformasi birokrasi adalah perubahan mind-set dan culture-set serta pengembangan budaya kerja. Reformasi Birokrasi diarahkan pada upaya-upaya mencegah dan mempercepat pemberantasan korupsi, secara berkelanjutan, dalam menciptakan tata pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa (good governance), pemerintah yang bersih (clean government), dan bebas KKN. Presiden SBY memberikan arahan, (1) laksanakan reformasi birokrasi; (2) tegakkan dan terapkan prinsip-prinsip good governance; (3) tingkatkan kualitas pelayanan publik menuju pelayanan publik yang prima; dan (4) berantas korupsi sekarang juga mulai dari diri sendiri dan hindari perbuatan tindak pidana korupsi.

Di Kementerian Kehutanan telah ditetapkan 9 (sembilan) Nilai Dasar Rimbawan, meliputi: 1) jujur, 2) tanggung jawab, 3) disiplin, 4) ikhlas, 5) visioner, 6) adil, 7) peduli, 8) kerjasama, dan 9) profesional berdasarkan Surat Edaran Menteri Kehutanan Nomor SE.01/Menhut-II/2008. Nilai dasar tersebut merupakan spirit dan jiwa para rimbawan khususnya yang bertugas pada jajaran Kementerian Kehutanan, dalam menyelenggarakan masing-masing tugas dan tanggungjawabnya, yang diharapkan dapat dipedomani dan dilaksanakan untuk mewujudkan good governance di Kementerian Kehutanan.

Badan Litbang Kehutanan  sebagai salah satu unsur di Kementerian Kehutanan juga telah berkomitmen untuk mewujudkan good governance.  Pada tahun 2011 Badan Litbang Kehutanan menjadi salah unit percontohan pelaksanaan Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) yang diselenggarakan oleh KPK.  Untuk mendukung tersebut hal-hal yang sudah dilakukan Badan Litbang Kehutanan adalah:

1. Sosialisasi Strategi Pemberantasan Korupsi

      a. Materi sosialisasi KPK
      b. Buku Saku: Memahami untuk Membasmi Korupsi
      c. Buku Saku: Memahami Gratifikasi

2. Menerbitkan peraturan tentang Sistem Whistle Blower
3. Menerbitkan peraturan tentang Tim Penerima Pengaduan Whistle Blower
4. Menerbitkan peraturan tentang Dewan Kehormatan Etika Peneliti
5. Menerbitkan peraturan tentang Pedoman Penilaian Prestasi Kerja
6. Menerbitkan peraturan tentang Kode Etik PNS lingkup Badan Litbang Kehutanan
7. Layanan pengaduan

admin 12:00 am, 13. February 2012
Layanan Pengaduan

Jika anda mengetahui dugaan gratifikasi, suap dan korupsi di Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, sampaikan pengaduan anda ke:

pin anti korupsiE-mail: pengaduan@forda-mof.org
Telephone: 0251-215 777 5
Sms: 0251-215 777 5
PO. BOX: 7631 PIAK Badan Litbang Kehutanan


admin 12:00 am, 13. February 2012
Pelatihan Alih Teknologi Perhitungan Karbon

Puslitbang Perhutani Cepu bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak), Badan Litbang  Kementerian Kehutanan menyelenggarakan pelatihan berjudul “Alih Teknologi Pengukuran Stok Karbon dalam Rangka Persiapan dan Implementasi REDD+ di Indonesia”. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2011 di Kantor Puspijak, Jl. Gunung Batu No, 5, Bogor.


budi 12:00 am, 13. February 2012
Materi dari KPK


budi 12:00 am, 13. February 2012
Peraturan Menteri Kehutanan nomor P.11/Menhut-II/2011 tanggal 14 Pebruari 2011

Tentang Pedoman Kode Etik Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kehutanan