SEMUA BERITA

Menyelamatkan Orangutan, Hutan dan Bumi Kita

24-09-2012 | 594 Klik

orangutanBalitek KSDA (Samboja, 19/09/12)_Hutan memiliki fungsi ekologis yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Keberadaan orangutan di ekosistem hutan berperan sebagai penjaga dinamika keseimbangan ekosistem hutan. Oleh karena itu, menyelamatkan orangutan berarti secara langsung dan tidak langsung menyelamatkan hutan, bumi dan hidup kita sendiri

Sebagai hewan frugifora (pemakan buah), orangutan adalah agen penyebar biji yang efektif sehingga regenerasi hutan dapat terjamin. “Orangutan yang memakan lebih dari 60% buah hutan, akan menyebarkan biji-bijian yang dikonsumsinya,” kata Dr. Ishak Yassir, peneliti dari Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja.

Selain itu, lanjut Ishak, saat orangutan bergerak atau membuat sarang di pohon, orangutan akan membuka ruang bagi cahaya masuk kelantai hutan karena banyak dahan atau ranting yang patah/digunakan. Kondisi tersebut membuka ruang untuk tumbuh dan berkembangnya biji-bijian di lantai hutan, sehingga proses suksesi alami berjalan lebih cepat.

Saat ini orangutan menghadapi masalah yang cukup berat, ditandai dengan kecenderungan penurunan jumlah yang drastis. “Sekarang diperkirakan jumlah orangutan di alam Kalimantan tinggal sekitar 45.000-69.000 individu dan di Pulau Sumatera tinggal sekitar 7.300 individu saja, kata Dr. Nur Sumedi, Kepala Balitek KSDA Samboja baru-baru ini. 

Lebih lanjut Nur Sumedi mengungkapkan, perubahan tata guna lahan yang sangat masif karena degradasi hutan, intensifnya pertambangan dan ekspansi perkebunan kelapa sawit secara sistematis telah memfragementasikan habitat asli orangutan. 

Baca Selanjutnya »

Selangkah Lagi, Rekayasa Produksi Gaharu akan Mendapatkan Sertifikat Paten

22-09-2012 | 747 Klik

Puskonser (Bogor, 14/09/12)_Rekayasa produksi gaharu, salah satu hasil penelitian Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi (Puskonser) akan mendapatkan sertifikat paten.

Baca Selanjutnya »

The Dynamic of Aboveground Carbon Stock in Peat Swamp Forest, Poster Terbaik di Simposium Hutan Gambut Indonesia

22-09-2012 | 963 Klik

Puskonser (Bogor, 14/09/12)_ Poster berjudulThe Dynamic of Aboveground Carbon Stock in Peat Swamp Forest, mendapat penghargaan sebagai poster terbaik dalam Simposium Internasional “Wildfire and Carbon Management in Peat-Forest in Indonesia”, Jumat (14/9) di Bogor.

Baca Selanjutnya »

Konsep REDD, Climate Change dan Karbon Merupakan Upaya Pengelolaan Hutan yang Berkelanjutan

21-09-2012 | 711 Klik

FORDA (Bogor, 21/09/2012)_“Konsep REDD, climate change dan karbon harus diartikan sebagai upaya pengelolaan hutan yang berkelanjutan”, demikian salah satu catatan penting yang disampaikan Kepala Bagian Evaluasi, Diseminasi dan Perpustakaan, Ir. Nugroho, M.Sc pada Diskusi Ilmiah Hasil Penelitian di Bogor, Jumat (21/9).

Baca Selanjutnya »

Data Penggunaan Kawasan Hutan Periode Bulan Agustus 2012

19-09-2012 | 224 Klik

Data penggunaan kawasan hutan untuk pertambangan, non pertambangan, rekapitulasi penyetoran PNBP dan peta perkembangan izin pinjam pakai per-provinsi s/d Agustus 2012.

Baca Selanjutnya »

Situs Website ASEAN Regional Knowledge Network on Forest Product Development (ARKN-FPD)

19-09-2012 | 189 Klik

Indonesia melalui Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Pustekolah) – Badan Litbang Kehutanan menginisiasi pembangunan situs web www.arkn-fpd.org.

Baca Selanjutnya »

Peraturan Terbaru tentang Rencana Kerja Kementerian Kehutanan Tahun 2013

19-09-2012 | 1359 Klik

Sehubungan dengan Peraturan Presiden No.54 Tahun 2012 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2013 yang mengamanatkan setiap Kementerian/Lembaga Negara menyusun Rencana Kerja, Menhut menetapkan Peraturan No. P.37/Menhut-II/2012 tentang Rencana Kerja Kementerian Kehutanan Tahun 2013.

Baca Selanjutnya »

Lima Majalah Ilmiah Badan Litbang Kehutanan Pertahankan Akreditasi

17-09-2012 | 920 Klik

FORDA (Bogor, 14/09/12)_Lima majalah ilmiah Badan Litbang Kehutanan berhasil mempertahankan akreditasi sebagai majalah ilmiah terakreditasi oleh LIPI. 

Baca Selanjutnya »

WEBGIS Kemenhut The Winner E-Gov INAICTA Award 2012

17-09-2012 | 237 Klik

WEBGIS Kementerian Kehutanan meraih Juara Pertama kategori E-Government Application pada INAICTA AWARD 2012 (Indonesia Information and Communication Technology Award 2012) - Lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia pada hari Sabtu malam (15 September 2012).

Baca Selanjutnya »

Perkuat Jejaring Kerja Pengembangan Hasil Hutan di ASEAN, Indonesia Bangun Situs Web ARKN-FPD

15-09-2012 | 688 Klik

logo-ARKN

Pustekolah (Bandung, 12/09/12)_ Indonesia melalui Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Pustekolah) – Badan Litbang Kehutanan menginisiasi pembangunan situs web www.arkn-fpd.org.

ASEAN Regional Knowledge Network on Forest Product Development (ARKN-FPD) merupakan jejaring kerja yang dibentuk berdasarkan kesepakatan ASEAN Experts Group on Forest Product Development (AEG-FPD) saat sidang ke-2 di Manila (2010). Sidang ini juga memutuskan Indonesia sebagai koordinator (lead country) ARKN-FPD.

ARKN-FPD diharapkan dapat menjadi sumber datan dan informasi, media harmonisasi standar dan regulasi hasil hutan, termasuk membangun kerjasama penelitian dan publikasi dalam bidang pengembangan hasil hutan. Kehadiran jejaring kerja ini juga diharapkan dapat memperkuat ASEAN sebagai satu komunitas dalam konstelasi perdagangan hasil hutan dunia.

“Indonesia sebagai lead country berinisiatif membangun situs web www.arkn-fpd.org sebagai langkah awal menuju network yang sesungguhnya,” kata Dr. Putera Parthama, Kepala Pustekolah di Bandung, Rabu (12/9). Situs web ini, lanjut Putera, dimaksudkan untuk memfasilitasi komunikasi, pertukaran data dan informasi serta promosi kerjasama dibidang pengembangan hasil hutan antar negara anggota ASEAN (ASEAN Member States/AMS).

Baca Selanjutnya »