SEMUA BERITA

Menhut Serahkan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Hutan Tanaman Rakyat dan 4 KBR di Ogan Komering Ilir

22-05-2013 | 177 Klik

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memulai kunjungan kerjanya di kabupaten Ogan Komering Ilir  dengan melakukan pembinaan kepada masyarakat setempat mengenai usaha meningkatkan perekonomian rakyat melalui program Hutan Tanaman Rakyat (HTR).

Baca Selanjutnya »

Gelar Teknologi Kehutanan 2013: Menggandeng Penyuluh untuk Komunikasikan IPTEK Kehutanan Kepada Pengguna

21-05-2013 | 1236 Klik

geltek2013FORDA (Kaliurang, 16/05/13)_Gelar Teknologi Kehutanan 2013 dilaksanakan terintegrasi dengan Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan. Penyuluh sebagai salah satu ujung tombak pembangunan kehutanan, diharapkan dapat menjadi penyambung informasi iptek kehutanan yang efektif kepada para pengguna di lapangan.

Gelar teknologi merupakan bagian diseminasi hasil litbang kehutanan yang secara rutin diselenggarakan Badan Litbang Kehutanan. Tujuannya adalah untuk menyampaikan hasil penelitian yang sudah layak dikembangkan dan diimplementasikan kepada masyarakat pengguna. Khusus pada tahun 2013, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan 100 tahun kelitbangan kehutanan Indonesia dan diintegrasikan dengan Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan 2013.

“Gelar teknologi  2013 ini diintegrasikan dan disinergikan dengan jambore penyuluhan, sehingga hasil penelitian kehutanan dapat disebarkan melalui sistem komunikasi yang efektif,  melalui ujung tombak komunikasi yakni penyuluh kehutanan,” kata Dr. Iman Santoso, Kepala Badan Litbang Kehutanan, saat memberikan sambutan pembukaan Gelar Teknologi Kehutanan 2013, di Kaliurang, Yogyakarta, Rabu (15/5). Sinergitas ini dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya kesinambungan diseminasi hasil litbang kepada masyarakat pengguna melalui kegiatan penyuluhan.

“Kami minta kepada penyuluh agar menyebarluaskan hasil penelitian ini kepada masyarakat, termasuk juga kepada widyaiswara,  sehingga apa yang telah dihasilkan bisa dipergunakan dan bermanfaat,” tegas Iman.

Baca Selanjutnya »

Penelitian, Bagian dari Pelaksanaan Pembangunan

21-05-2013 | 665 Klik

BPKMs (Barru, 15/05/2013)_Penelitian merupakan bagian dari pelaksanaan pembangunan dan penerapan hasil penelitian berupa IPTEK dapat menjawab kebutuhan pembangunan. Demikian sambutan Bupati Kab. Barru, Sulawesi Selatan pada Gelar Teknologi Hasil-hasil Penelitian Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Makassar pada (15/05).

Baca Selanjutnya »

Capaian Target B-04 Rencana Aksi Inpres Nomor 10 Tahun 2011

20-05-2013 | 157 Klik

Perkembangan penyelesaian capaian target B-04 (s.d April 2013) pada Direktorat Penggunaan Kawasan Hutan, yaitu Data Penolakan Izin Pinjam Pakai Pada Areal Peta Indikatif Penundaan Pemberian Izin Baru (PIPPIB) dari Bulan Mei 2011 s/d Mei 2013.

Baca Selanjutnya »

Kiprah Peneliti di Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan 2013

14-05-2013 | 821 Klik

FORDA (Bogor, 14/05/13)_Peneliti Badan Litbang Kehutanan akan menggelar beberapa iptek kehutanan yang aplikatif baik dalam bentuk pemaparan singkat dan pameran dalam Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan 2013. 

Baca Selanjutnya »

Teknologi Peningkatan Nilai Tambah Produk untuk Revitalisasi Industri Kehutanan

08-05-2013 | 917 Klik

eksposePustekolah (Bogor, 08/05/13)_Peningkatan nilai tambah produk (added value) adalah salah satu strategi pokok dalam kebijakan nasional industri agro untuk mewujudkan revitalisasi industri kehutanan.  Untuk itu, diperlukan dukungan input teknologi yang mampu menghasilkan produk-produk turunan bernilai tinggi.

Industri hasil hutan merupakan salah satu industri agro, yang merupakan industri andalan masa depan. Industri agro ini didukung oleh sumber daya alam yang cukup potensial yang berasal dari sektor pertanian, perikanan/kelautan, peternakan, perkebunan dan kehutanan.

“Produk hasil hutan kita, harus diolah menjadi produk bernilai tambah tinggi, bukan lagi bahan mentah yang nilainya disandarkan pada volume,” kata Dr. Iman Santoso, Kepala Badan Litbang Kehutanan, saat membuka Ekspose“Teknologi Peningkatan Nilai Tambah Hasil Hutan”, yang diselenggarakan Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Pustekolah) di IPB International Convention Center Botani Square, Bogor, Selasa (30/4).

Pengolahan hasil hutan Indonesia dari hulu ke hilir, harus didasarkan pada asas kelestarian, produktivitas yang tinggi, ramah lingkungan dan diolah menjadi produk-produk turunan yang bernilai tinggi. Hal lainnya adalah pengolahan dan pemanfaatan limbah, sehingga secara keseluruhan, proses produksi menjadi ramah lingkungan dan efisien. Hal itu sesungguhnya adalah tantangan terbesar para peneliti yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil hutan. Karena penciptaan iptek dalam sisi ini, membutuhkan visi, sains, dan juga instrumen riset yang advance.

Baca Selanjutnya »

Peraturan Kehutanan Terbaru

07-05-2013 | 267 Klik

Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kehutanan Nomor. P.14/Menhut-II/2011 Tentang Izin Pemanfaatan Kayu; dan Tentang Standar Biaya Produksi Pemanfaatan Kayu Pada Izin Pemanfaatan Kayu.

Baca Selanjutnya »

IPTEK Konservasi dan Rehabilitasi untuk Hutan di Sumba Timur

04-05-2013 | 693 Klik

Puskonser (Waingapu, 01/05/13)_Kawasan hutan di Kabupaten Sumba Timur yang sebagian besar berupa savana membutuhkan aplikasi iptek kehutanan untuk meningkatkan produktivitas lahan dan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. 

Baca Selanjutnya »

Hutan Penelitian Dramaga Jadi Arena Pemusnahan Trenggiling Illegal

04-05-2013 | 645 Klik

Puskonser (Bogor, 30/04/13)_Kementerian Kehutanan dalam hal ini BKSDA DKI Jakarta memusnahkan 8.511 kg daging trenggiling dan 334 kg sisik trenggiling di areal Hutan Penelitian Dramaga, Bogor, Selasa (30/04). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya penegakan hukum khususnya tindak pidana di bidang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Baca Selanjutnya »

Penatausahaan Piutang Penerimaan Negara Bukan Pajak Denda Pelanggaran Eksploitasi Hutan

03-05-2013 | 251 Klik

Untuk optimalisasi PNBP DPEH dan terwujudnya tertib administrasi pengenaan sanksi denda dan penanganan piutang PNBP dari denda pelanggaran eksploitasi hutan (DPEH), Menhut telah mengeluarkan surat edaran Nomor SE.3/Menhut-VI/BIKPHH/2013 tentang Penatausahaan Piutang Penerimaan Negara Bukan Pajak Denda Pelanggaran Eksploitasi Hutan.

Baca Selanjutnya »