SEMUA BERITA

Peneliti dari Korea (KFRI) Mengunjungi Pusprohut

10-07-2013 | 663 Klik

Pusprohut (Bogor, 09/07/13)_Dalam rangka pelaksanaan kerjasama strategi pemuliaan jenis tanaman kehutanan “Breeding Strategy for Plantation Forest”, peneliti dari Korean Forestry Research Institute  (KFRI), Department of Forest Genetic Resources yaitu Dr. Eun Kyung Bae  dan Dr. Mu Seok Han  mengunjungi  Pusat Litbang Peningkatan Produktivitas Hutan (Pusprohut). 

Baca Selanjutnya »

Seminar Internasional Hutan dan Biodiversitas

08-07-2013 | 849 Klik

BPK Manado (Manado, 06/07/2013)_Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati tinggi karena kondisi klimatik ekuatorialnya. Namun, di sisi lain Indonesia juga sedang menghadapi berbagai tantangan tersendiri. Dari sekitar lima juta jenis keanekaragaman hayati di dunia, 15 persen di antaranya berada di Indonesia.

Baca Selanjutnya »

Peraturan Kehutanan Terbaru

10-07-2013 | 232 Klik

Tentang Rencana Makro Pemantapan Kawasan Hutan; Jadwal Retensi Arsip Keuangan Kementerian Kehutanan; dan Pedoman Penanganan Pengaduan Internal (WhistleBlower System) dan Ekternal (Pengaduan Masyarakat) atas Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Kementerian Kehutanan.

Baca Selanjutnya »

Laporan Perkembangan Pelepasan Kawasan Hutan untuk Budidaya Perkebunan

09-07-2013 | 251 Klik

Berikut disampaikan data permohonan pelepasan kawasan hutan untuk budidaya perkebunan dan realisasi pelepasan kawasan hutan sampai bulan Juni 2013.

Baca Selanjutnya »

Pengelolaan Tata Ruang Wilayah yang Baik Perlu Pendekatan Tepat dan Pelibatan Aktif Stakeholder

04-07-2013 | 2689 Klik

BPK Kupang (Kupang, 04/07/2013)_Menciptakan pengelolaan tata ruang wilayah yang baik memerlukan pendekatan yang tepat dan melibatkan semua stakeholder secara aktif. Seperti halnya di regional Bali Nusra dengan alam yang ekstrim dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang relatif rendah, pengelolaan tata ruang yang baik menjadi nilai yang sangat penting. 

Baca Selanjutnya »

Kemenhut akan Terapkan Kerjasama Pengelolaan Hutan dengan Masyarakat di Luar Jawa

08-07-2013 | 178 Klik

Kementerian Kehutanan akan menjadikan kerjasama antara Perum Perhutani dengan masyarakat serta pengusaha sebagai model kerjasama pengelolaan hutan bersama masyarakat yang akan diterapkan di beberapa tempat di luar Pulau Jawa.

Baca Selanjutnya »

Menhut RI dan Menhut Korea Resmikan Hambalang Eco-Edu Forest

08-07-2013 | 185 Klik

Menteri Kehutanan Republik Indonesia Zulkifli Hasan bersama Menteri Kehutanan Korea Dr. Shin Won Sop meresmikan Hambalang Eco-Edu Forest, sekaligus membuka Pertemuan Indonesia Korea Forestry Committee (IKFC) ke 21 dan Indonesia Korea Forest Forum (IKFF) ke 7, Kamis (04/7) di Hambalang Kabupaten Bogor.

Baca Selanjutnya »

Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pendidikan dan Budaya Anti Korupsi Tahun 2013 Lingkup Kementerian Kehutanan

05-07-2013 | 495 Klik

Keputusan Menteri Kehutanan tentang Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pendidikan dan Budaya Anti Korupsi Tahun 2013 Lingkup Kementerian Kehutanan.

Baca Selanjutnya »

Mangrove Bukan Hutan Biasa

04-07-2013 | 744 Klik

swara2-1Mangrove sang pengalir pesan

Ujung daun berselimut kristal berkilatan, menjurai di genangan payau

Kembang bersemu merah di sela biji menangkup angin, dalam daur yang menakjubkan

Mengayun  irama genangan ombak lirih, dalam juntaian akar-akar kehidupan

Kini hidupmu menghitung sisa, dalam  rancak julur-julur manusia...

Siapa sadari dalam rindu sepi itu....

Kalau sudah tiada baru terasa, bahwa kehadirannya sungguh berharga…

(”Menggiring Sunyi”, Denpasar Agustus 2008)

 

Balitek KSDA (04/07/13)_Tanaman mangrove adalah gambaran perjuangan hidup tumbuhan untuk bertahan dan berkembang di lingkungan yang keras, ekstrem dan tidak biasa. Misteri kemampuan ekosistem mangrove mengisi pertemuan dua wilayah utama kehidupan di bumi, yakni wilayah daratan (terrestrial) dan wilayah lautan (marine) selalu saja menggoda rasa penasaran terutama para peneliti. Air bergaram, lumpur yang anoksik dan anaerobik adalah lingkungan pengap kehidupannya. Ini pulalah yang menyebabkan mangrove mengembangkan dirinya baik secara fisiologis, anatomis maupun cara berkembangbiaknya untuk melewati hari-harinya di lingkungan yang khas, unik dan berat. Insting perjuangan hidup yang diberikan Tuhan pada setiap  makhluknya.

Baca Selanjutnya »

Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Responsif Gender

28-06-2013 | 857 Klik

FORDA (Bogor, 28/06/2013)_Sekretariat Badan Litbang Kehutanan menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengembangan Responsif Gender di IPB International Convention Center pada 20 s/d 21 Juni 2013. 

Baca Selanjutnya »