KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Master Administrator - 05. January 2019 - 1205 klik

Naik 3 Kali Lipat, Sumbangan PNBP KHDTK Aek Nauli Tahun 2018

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Januari 2019)_”Balai kita punya kemajuan yang membanggakan, walaupun jumlahnya belum banyak, pelan tapi pasti PNBP yang disumbang dari pengelolaan KHDTK Aek Nauli semakin meningkat. Akhir Desember 2018 kemarin, setoran PNBP balai kita dari wisata ilmiah khususnya dari Camping Ground mencapai 5 juta, hampir tiga kali lipat dari tahun 2017,” ungkap Pratiara, S.Hut, M.Si, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Rabu (02/01).

Informasi membanggakan ini disampaikan Pratiara dalam materi refleksi capaian 2018 BP2LHk Aek Nauli, pada acara pembinaan pegawai lembaga yang dipimpinnya. Setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ini adalah bentuk kontribusi BP2LHK Aek Nauli dalam upayanya mengibarkan bendera Badan Litbang dan Inovasi.

Baca juga: Strategi Peningkatan PNBP dari KHDTK Aek Nauli

“Untuk setoran PNBP yang lebih besar, kita memang masih terkendala aturan. Jika peraturan tentang PNBP di KHDTK sudah direvisi dan besaran PNBP untuk kegiatan selain camping, fotografi dan video syuting sudah ditetapkan, tentu setoran PNBP kita akan semakin meningkat. Harapan kita itu segera terealialisasi, sehingga tercapai target dan tantangan menjadi BLU bukan tidak mungkin bisa kita capai,” jelas Pratiara.

KHDTK Aek Nauli selain sebagai tempat penelitian dan pengembangan serta edukasi, juga sarana yang sangat layak dan berkualitas sebagai lokasi tracking, camping, fotografi, video syuting. Siapa saja bisa memanfaatnya, baik pengunjung perorangan maupun dari lembaga.

Salah satu kegiatan yang cukup prestise bagi BP2LHK Aek Nauli adalah ketika dipercaya sebagai lokasi field trip peserta Konferensi Nasional Minyak Atsiri, Nopember 2018 lalu. BP2LHK Aek Nauli juga mendapatkan kepercayaan sebagai penerima hibah alat suling minyak atsiri portable skala laboratorium, yang tentu saja sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan litbang.

Wisata ilmiah di KHDTK Aek Nauli yang telah dikelola dengan konsep edutainment telah membuat BP2LHK Aek Nauli semakin dikenal dan banyak dikunjungi. Berbagai kegiatan dan kunjungan ini tentunya sangat membanggakan, karena menunjukkan bahwa BP2LHK Aek Nauli semakin dipercaya.

Sejak empat bulan terakhir tahun 2018, kegiatan wisata ilmiah di KHDTK Aek Nauli sudah ditangani secara legal dan profesional oleh Koperasi dan tim manajemen khusus Aek Nauli Beecosystem. Masyarakat sekitar juga telah dilibatkan dalam kegiatan ini dalam bentuk penyediaan konsumsi kegiatan dan juga souvenir. Semuanya berada di bawah koordinasi koperasi..***MB


Informasi lebih lanjut:
Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli
http://aeknauli.org
Jl. Raya Parapat Km. 10,5 Sibaganding, Parapat , Sumatera Utara 21174, Telp. 0625 - 41659, Fax. 0625 – 41659