KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Tuti - 05. September 2016 - 463 klik

B2P2BPTH Sosialisasikan Pengendalian Karat Tumor pada Sengon

B2P2BPTH (Yogyakarta, 05/09/2016)_Dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat/petani tanaman hutan, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta sosialisasikan cara pengendalian karat tumor/furu (Uromycladium tepperianum) pada tanaman sengon (Falcataria moluccana) dalam  Forum Komunikasi Kelompok Tani Kehutanan dan Perkebunan di Kelompok Tani Sido Maju, Cangkringan, Sleman, DIY, Selasa (30/8/2016).

“Penyebab penyakit karat tumor adalah spora jamur karat tumor yang bersifat parasit obligat. Spora ini mudah berpindah ke tanaman lain melalui angin,”kata Dr. Liliana Baskorowati, S.Hut., M.P., Peneliti B2P2BPTH Yogya.  

Oleh karena itu, Liliana menyatakan penyebaran penyakit karat tumor di Lereng Gunung Merapi tidak mengherankan. Hal ini disebabkan karena kondisi angin dan alam di wilayah tersebut sangat mendukung pertumbuhan dan penyebaran spora jamur karat tumor.

“Spora karat tumor mudah tumbuh pada lingkungan dengan suhu yang dingin, lembab, dan minim cahaya Matahari,”kata Liliana.

Liliana menyatakan bahwa untuk mengendalikan serangan atau penyakit karat tumor yang telah menyerang tanaman sengon dapat dilakukan dengan pencegahan dengan manipulasi lingkungan dan mencari jenis sengon yang secara genetik tahan atau toleran terhadap penyakit karat tumor.

Lebih lanjut, Liliana menyatakan bahwa selama ini B2P2BPTH telah melakukan beberapa penelitian genetik untuk mengetahui jenis tanaman sengon yang paling tahan terhadap serangan penyakit tersebut.

“Hasilnya menunjukkan bahwa tanaman sengon yang berasal dari Wamena adalah jenis yang paling tahan terhadap serangan karat tumor. Sedangkan sengon dari Solomon merupakan jenis sengon yang paling rentan terhadap karat tumor,”kata Liliana.

Disadari bahwa jenis tanaman sengon merupakan jenis tanaman hutan yang sangat disukai masyarakat di Jawa karena termasuk jenis tanaman yang cepat tumbuh, mudah beradaptasi, memiliki daya jual tinggi serta mudah dalam pemasaran.

Namun adanya serangan penyakit karat tumor yang terjadi hampir di seluruh Jawa memberikan kerugian yang sangat besar kepada petani karena banyak tanaman sengon yang tidak tumbuh dengan normal, bahkan mati.

Oleh karena itu, materi ini menjadi tema dalam forum komunikasi pada bulan ini. Forum yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Kab. Sleman merupakan forum diskusi antara perwakilan kelompok petani, peneliti, penyuluh untuk menyebarkan hasil litbang yang sesuai dengan kebutuhan petani. Forum ini rutin dilaksanakan tiap bulan. ***BW.

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Bioteknologi Dan Pemuliaan Tanaman Hutan

url : http://biotifor.litbang.dephut.go.id  atau http://www.biotifor.or.id

Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 15,  Purwobinangun, Yogyakarta 55582, Telp. 0274 - 895954, Fax.  0274 – 896080