14-05-2013 | 658 Klik

Kiprah Peneliti di Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan 2013


jamboreFORDA (Bogor, 14/05/13)_Peneliti Badan Litbang Kehutanan akan menggelar beberapa iptek kehutanan yang aplikatif baik dalam bentuk pemaparan singkat dan pameran dalam Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan 2013. 

Jambore  yang diselenggarakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)  Kementerian Kehutanan di Kaliurang, Yogyakarta, pada 15 – 18 Mei 2013 mendatang, akan dihadiri oleh sekitar 1.000 penyuluh kehutanan dari seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pertemuan, unjuk kemampuan dan kreatifitas para penyuluh  kehutanan dari berbagai unsur, yaitu Penyuluh Kehutanan PNS, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), dan Penyuluh Kehutanan Swasta (PKS). Salah satu output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya motivasi, kinerja dan profesionalisme penyuluh kehutanan.

Tema Jambore ini yaitu ‘Menuju penyuluh kehutanan yang kompeten dan profesional’ akan dibuka langsung oleh Menteri Kehutanan RI Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, pada 16 Mei mendatang. 

Jaambore ini akan melibatkan tiga komponen yaitu peneliti, widyaiswara dan penyuluh kehutanan.  Peneliti yang telah menghasilkan iptek aplikatif, diharapkan dapat  melalukan alih teknologi kepada widyaiswara yang kemudian ditularkan  sehingga penyuluh kehutanan merupakan tenaga yang professional.

Peneliti Badan Litbang Kehutanan pada kesempatan tersebut akan menggelar beberapa iptek kehutanan yang aplikatif baik dalam bentuk pemaparan singkat dan pameran.  Materi yang akan disampaikan antara lain mengenai hutan rakyat, pengendalian hama dan penyakit, bioreklamasi dan bioremediasi, konservasi dan produksi serta penghitungan nilai sumber daya hutan.

Harapannya, dari kegiatan jambore dan gelar teknologi ini , penyuluh kehutanan dapat mendapat meningkatkan pengetahuannya sehingga mampu memberikan layanan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan membantu pemerintah untuk mensukseskan program pembangunan kehutanan.(DP)***

Panduan Jambore Penyuluh 2013

Materi Gelar Teknologi 2013


Artikel Terkait



- Tidak ada artikel yang terkait -