11-03-2013 | 465 Klik

Menteri Kehutanan Membuka Peringatan 100 Tahun Badan Litbang Kehutanan Indonesia


PRESS RELEASE
No. : S. 114 /PHM-1/2013

MENTERI KEHUTANAN MEMBUKA PERINGATAN
100 TAHUN BADAN LITBANG KEHUTANAN INDONESIA


Menteri Kehutanan membuka secara resmi rangkaian Peringatan 100 Tahun Badan Litbang Kehutanan Indonesia, di Ruang Sudiarto Kampus Litbang Kehutanan Jl. Gunung Batu, Bogor pada hari Kamis, 7 Maret 2013. 

Acara pembukaan ini dihadiri oleh sekitar 300 orang terdiri dari pejabat eselon I dan II lingkup Kementerian Kehutanan, seluruh peneliti dan teknisi yang berkedudukan di Bogor dan para mitra strategis Badan Litbang Kehutanan.

Tahun 2013 adalah tahun yang berarti khusus bagi penelitian dan pengembangan kehutanan di Indonesia. Pada tahun ini, perjalanan kelitbangan kehutanan Indonesia telah mencapai seratus tahun terhitung sejak berdirinya Stasion Penelitian Kehutanan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1913.

Peringatan 100 tahun perjalanan Badan Litbang Kehutanan dengan tema “Satu Abad Litbang Berkarya untuk Kehutanan Indonesia” ini dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan di pusat dan di daerah selama tahun 2013. Seratus tahun bukanlah suatu perjalanan yang singkat, sudah sangat banyak kontribusi iptek kehutanan yang diberikan untuk pembangunan kehutanan berkelanjutan. 

Kegiatan peringatan ini bertujuan untuk menampilkan capaian dan kontribusi litbang kehutanan dalam kurun waktu 100 tahun serta menjaring kritikan, masukan dan harapan untuk peningkatan kinerja di masa mendatang. Peringatan ini juga akan dijadikan momentum untuk kontemplasi dan refleksi sejauh mana penelitian kehutanan sudah memberi manfaat kepada pembangunan sektor kehutanan dan sektor-sektor lain yang terkait. Peringatan ini menjadi penguat tekad untuk terus mendedikasikan iptek kehutanan terbaik bagi pengelolaan hutan Indonesia.

Peringatan 100 tahun ini akan diintegrasikan dalam seluruh kegiatan Badan Litbang Kehutanan tahun 2013. Secara khusus, pada puncak peringatan ini akan selenggarakan kegiatan bedah buku, seminar internasional Peneliti Kehutanan Indonesia (Indonesia Forestry Researcher, INAFOR) dan penerbitan buku 100 tahun kelitbangan kehutanan Indonesia.

Rangkaian kegiatan peringatan diawali dengan visualisasi Sekilas Badan Litbang Kehutanan, pembacaan pernyataan dimulainya peringatan 100 tahun, dialog dengan peneliti, peresmian pusat informasi iptek kehutanan, dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium penelitian dan diakhiri dengan penanaman pohon.
Peringatan ini tidak hanya sebagai tanda dimulainya kegiatan peringatan tersebut, melainkan sebagai dukungan untuk terus meningkatkan semangat berkarya serta pengabdian litbang kehutanan bagi pembangunan kehutanan di Indonesia. 


Jakarta, 6  Maret 2013
Kepala Pusat 
u.b.
Kepala Sub Bidang Pemberitaan


Saiful Latief, M.Si
NIP. 19700522 200312 1 002

 

Sumber: http://www.dephut.go.id/index.php?q=id/node/8782


Artikel Terkait



- Tidak ada artikel yang terkait -