Dientry oleh Risda Hutagalung - 11 July, 2019 - 172 klik
Supervisi-Monev BP2LHK Manado sebagai PUI Konservasi Flora Endemik Wallacea

BP2LHK Manado (Manado, Juli 2019)_Tim Supervisi-Monev kembali melakukan pembinaan kepada Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado selaku Pusat Unggulan Iptek (PUI) Konservasi Flora Endemik Wallacea. 

Selasa (9/7/2019) tim supervisi yang terdiri dari 1 orang pakar yaitu Rini Pujiarti, Ph.D dari Universitas Gajah Mada (UGM) didampingi 2 orang staf Kemenristekdikti berkunjung ke BP2LHK Manado dalam rangka asistensi pembinaan untuk membahas substansi rencana kerja yang akan dan sedang dilakukan. Selain itu juga dibahas permasalahan yang sedang dihadapi untuk dicari solusinya, serta menggali potensi kegiatan dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan PUI tersebut. 

Pertemuan supervisi yang berlangsung selama lebih dari empat jam ini dimanfaatkan oleh tim BP2LHK Manado dan tim pakar untuk membaca peluang dalam meningkatkan indikator kinerja PUI. Indikatornya berupa publikasi, keikutsertaan menjadi pembicara dan pemakalah seminar, paten, akreditasi ISO dan lainnya masih terus dikembangkan secara maksimal. 

“Harus ada kiat-kiat dan kerjasama dari semua elemen Balai dalam meningkatkan indikator kinerja PUI, diantaranya publikasi yang saya rasa sulit namun bukan mustahil untuk dicapai,” kata Rini yang juga merupakan staf pengajar di Fakultas Kehutanan UGM ini. 

Terkait itu, Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si dalam paparan capaian dan rencana tindak lanjut kegiatan PUI di BP2LHK Manado mengungkapkan bahwa BP2LHK Manado sebagai PUI Konservasi Flora Endemik Wallacea sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung indikator kinerja PUI. Hilirisari hasil riset berupa gelar teknologi, menjadi narasumber dalam talkshow, beberapa paper yang sudah publish di jurnal serta keikutsertaan dalam seminar internasional adalah beberapa diantaranya. 

”Beberapa kegiatan yang mendukung kinerja PUI sudah kita laksanakan dengan baik dan seiring dengan telah cairnya insentif dari PUI, sebagai rencana tindak lanjut akan segera dilaksanakan kegiatan yang sempat tertunda. Di akhir tahun diharapkan semua indikator kinerja PUI dapat kita capai,” kata Dodi. 

Seperti diketahui, BP2LHK Manado bersama 137 lembaga litbang di Indonesia telah ditetapkan dan dibina menjadi lembaga PUI. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengembangkan skema dan mekanisme pembinaan bagi lembaga litbang untuk memperkuat kapasitas kelembagaan, mencakup sourcing capacity, R&D capacity dan disseminating capacity.***MF                                    

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :

bp2lhkmanado@gmail.com

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS